ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny.R DENGAN ILEUS OBSTRUKSI POST LAPARATOMI DENGAN APLIKASI TERAPI RELAKSASI BENSON UNTUK MENGURANGI NYERI DI RR BEDAH RSUP DR. M.DJAMIL PADANG

STEVANI, ERNI (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny.R DENGAN ILEUS OBSTRUKSI POST LAPARATOMI DENGAN APLIKASI TERAPI RELAKSASI BENSON UNTUK MENGURANGI NYERI DI RR BEDAH RSUP DR. M.DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover abstrak)
COVER ABSTRAK FIX u.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I fix U.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V Fix U.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Fix U.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (KTI FULL)
KTI STEVANI - Fix-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ileus obstruktif adalah suatu penyumbatan mekanis pada usus dimana penyumbatan sama sekali menutup jalannya isi usus yang merupakan salah satu kegawatan dalam bedah abdominal. Masalah yang ditemui yaitu adanya keluhan Kram perut, perut kembung, nafsu makan menurun, tidak ada BAB dan flatus, serta adanya mual dan muntah. Laparatomi rmerupakan prosedur bedah abdomen terbuka (Open incisional Surgery) yang dianjurkan untuk pengangkatan ileus obstruksi. Sayatan atau luka operasi menghasilkan trauma bagi pasien dan menimbulkan rasa nyeri. Nyeri post operasi merupakan reaksi kompleks pada jaringan yang terluka, sehingga diperlukan teknik untuk mengurangi nyeri secara non farmakologi yang digunakan antara lain dengan Terapi relaksasi Benson. Terapi ini dapat mengurangi rasa nyeri dengan cara menurunkan ketegangan saraf dan membuat relaksasi. Karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan asuhan keperawatan pada Ny.R dengan ileus obstruksi post laparatomi dengan aplikasi terapi relaksasi Benson. Metode penulisan dengan studi kasus, penerapan Evidance based Nursing Practice (EBNP) terapi relaksasi benson. Prosedur pelaksanaan dengan melakukan asuhan keperawatan selama 7 hari pasien dirawat dengan memberikan terapi relaksasi Benson, dan mempraktekannya 2 kali dalam sehari selama 30 menit. Hasil pelaksanaan didapatkan penurunan intensitas nyeri dari Skor 7 menjadi 0. Disarankan kepada perawat dan rumah sakit untuk memaksimalkan asuhan keperawatan pada pasien dengan ileus obstruksi post laparatomi dengan aplikasi teknik relaksasi Benson. Kata Kunci : Ileus Obstruksi, Post Laparatomi, Terapi Relaksasi Benson Daftar Pustaka : 69 (2000-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp.M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:54
Last Modified: 18 Oct 2018 17:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38239

Actions (login required)

View Item View Item