ASUHAN KEPERAWATA Ny. R DENGAN TUMOR INTRA ABDOMEN POST LAPARATOMY DENGAN APLIKASI TERAPI ZIKIR DAN RELAKSASI RAHANGDI RUANG BEDAH WANITA RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG

JONIZA, LESTARI (2018) ASUHAN KEPERAWATA Ny. R DENGAN TUMOR INTRA ABDOMEN POST LAPARATOMY DENGAN APLIKASI TERAPI ZIKIR DAN RELAKSASI RAHANGDI RUANG BEDAH WANITA RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG. JONIZA LESTARI. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK-copy-1.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I_2.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V_2.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_9.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img] Text (KTI FIX JONIZA LESTARI)
KTI WODR FIX JONIZA LESTARI, S.Kep.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tumor Intra Abdomen (TIA) merupakan penyakit digestive kasus bedah yang cukup banyak di rumah sakit. Tumor Intra Abdomen (TIA) diatasi dengan pembedahan laparatomy. Laparatomy adalah prosedur pembedahan mayor dengan penyayatan pada lapisan dinding abdomen untuk mendapatkan organ yang bermasalah. Nyeri pada pembedahan laparatomymerupakan respon kompleks pada jaringan yang terluka, dimana proses insisi kulit bisa menstimulasi hypersensitivitas dan nyeri dapat dirasakan setelah prosedur operasi selesai. Tujuan dari laporan ini adalah untuk memaparkan asuhan keperawatan pada Ny.R dengan post laparatomy serta penerapan EBN terapi zikir dan relaksasi rahang untuk mengatasi nyeri, dilakukan 6 jam pertama setelah operasi dengan durasi 15 menit. Metode penulisan laporan ini yaitu studi kasus pelaksanaan asuhan keperawatan dan penerapan EBN. Prosedur yang dilakukan untuk asuhan keperawatan mulai pengkajian, penegakan diagnosa, perencanaan intervensi, melakukan implementasi dan pendokumentasian evaluasi keperawatan. Terapi Zikir dan Relaksasi Rahang yang dilakukan mampu membuat pasien rileks dengan cara menstimulasi ketegangan saraf dan membuat pasien lebih tenang dengan terapi zikir karena lebih mendekatkan diri pada allah sehingga nyeri yang dirasakan pasien dapat berkurang. Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 5 hari rawatan masalah pada Ny.R teratasi dan pasien diperbolehkan pulang yaitu tanggal 15 Agustus 2018. Setelah dilakukan terapi zikir dan relaksasi rahang selama 5 hari rawatan, didapatkan hasil adanya penurunan skala nyeri pasien dari skala nyeri 7 (berat) ke skala nyeri 1 (ringan). Disarankan agar perawat dapat melakukan terapi zikir dan relaksasi rahang dalam mengurangi nyeri pada pasien post operasi. Kata Kunci : Tumor Intra Abdomen, Post laparatomy, Nyeri, zikir, relaksasi rahang Referensi: 50 (2001 – 2016)

Item Type: Other
Primary Supervisor: Ns. Rika Fatmadona, M.Kep, SP. Kep.MB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:12
Last Modified: 18 Oct 2018 17:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38238

Actions (login required)

View Item View Item