Asuhan Keperawatan Ny.N dengan Enselopati Hepatikum e.c Sirosis Hepatis dan Aplikasi Massage Vco (Virgin Coconot Oil) untuk Pencegahan Dekubitus di Ruang HCU IRNA Non Bedah Rsup dr. M. Djamil Padang

Fina, Oktaviani (2018) Asuhan Keperawatan Ny.N dengan Enselopati Hepatikum e.c Sirosis Hepatis dan Aplikasi Massage Vco (Virgin Coconot Oil) untuk Pencegahan Dekubitus di Ruang HCU IRNA Non Bedah Rsup dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
3. BAB akhir.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img] Text (KTI FULL)
5. KTI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sirosis hepatis menimbulkan beberapa komplikasi salah satunya adalah enselopati hepatikum (EH) yang merupakan sindrom disfungsi neuropsikiatri yang menimbulkan gejala penurunan kesadaran, koma hingga kematian. Pada pasien dengan penurunan kesadaran akan menimbulkan ulkus dekubitus. Salah satu pencegahan ulkus dekubitus yaitu dengan pemberian pijat dengan menggunakan Virgin Coconut Oil (VCO) pada daerah potensial terjadinya ulkus dekubitus. Manajemen asuhan keperawatan dengan aplikasi pijat dengan VCO mencegah terjadinya ulkus dekubitus karena VCO aman digunakan sebagai moisturizer untuk meningkatkan hidrasi kulit dan mempercepat penyembuhan pada kulit dan mengandung vitamin E berdasarkan Evidance Based Nursing Practice (EBNP). Tujuan penulisan ini memaparkan asuhan keperawatan pada Ny.N dengan enselopati hepatikum dan mencegah terjadinya ulkus dekubitus. Prosedur yang dilakukan dimulai dari pengkajian, analisa data, menetapkan diagnosa keperawatan, menyusun intervensi, melakukan implementasi dan evaluasi. Berdasarkan pengkajian ditemukan masalah keperawatan resiko perfusi jaringan cerebral tidak efektif, resiko perdarahan, resiko gangguan integritas kulit dan ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh. Hasil implementasi pijat dengan menggunakan VCO pada pasien selama 15 hari didapatkan terhindarnya pasien dari ulkus dekubitus ditandai dengan tidak ada kemerahan, tidak ada kulit mengelupas, tidak ada luka, tidak ada nyeri tekan, tidak ada edema. Hasil pelaksanaan didapatkan bahwa VCO sangat bermanfaat untuk mencegah ulkus dekubitus pada pasien yang mengalami tirah baring lama. Kata Kunci : Enselopati Hepatikum, Pijat, Virgin Coconut Oil (VCO), Ulkus Dekubitus Referensi : 40 (2000 – 2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Reni Prima Gusty,S.Kp,M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 16:31
Last Modified: 18 Oct 2018 16:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38235

Actions (login required)

View Item View Item