ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA AN. J DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA SEKOLAH DAN MANAJEMEN ASUHAN : STIMULASI MOTORIK TUMBUH KEMBANG PADA KELOMPOK USIA SEKOLAH DI RW 06 KELURAHAN PARAK GADANG TIMUR PADANG

Helvia, Rahayu (2018) ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA AN. J DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA SEKOLAH DAN MANAJEMEN ASUHAN : STIMULASI MOTORIK TUMBUH KEMBANG PADA KELOMPOK USIA SEKOLAH DI RW 06 KELURAHAN PARAK GADANG TIMUR PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER_DAN_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V-PENUTUP.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA_FULL_TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Usia sekolah merupakan anak dengan usia 6-12 tahun, yang artinya sekolah menjadi pengalaman inti anak, dimana anak dianggap mulai bertangguang jawab atas prilakunya sendiri dalam hubungan dengan orang tua, teman sebaya dan orang lainnya. Pada masa ini terjadi perkembangan pada usia sekolah yaitu pada aspek fisik, motorik, kognitif, bahasa, emosi, kepribadian, moral, spiritual, dan psikososial. Untuk mencapai perkembangan yang optimal pada usia sekolah, maka perlu diberikan stimulasi perkembangan dimana peran orang tua disini menjadi salah satu faktor keberhasilan stimulasi tersebut diberikan. Selain itu peran perawat jiwa komunitas disini juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak usia sekolah, karena tidak hanya diberikan pada individu anak usia sekolah saja namun pada kelompok anak usia sekolah juga diberikan stimulasi pada konsep industri dan aspek motorik terkait perkembangannya. Karya ilmiah ini bertujuan untuk memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif pada klien dengan usia sekolah dan mampu menerapkan manajemen layanan CMHN khususnya pilar IV terkait manajemen asuhan pada anak usia sekolah. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 11 Agustus sampai 18 Agustus 2018 dan manajemen pelayanan keperawatan dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2018. Hasil asuhan keperawatan yang telah dilakukan adalah klien mengalami peningkatan perkembangan pada aspek fisik, motorik, kognitif, bahasa, emosi, kepribadian, moral, spiritual, dan psikososial. Pada pelaksanaan manajemen pelayanan keperawatan didapatkan hasil terjadinya peningkatan perkembangan produktif sebesar 20.79 % dan pada aspek motorik terjadi peningkatan kemampuan anak dalam melipat origami sebanyak 100%. Disarankan kepada perawat agar melakukan kunjungan rumah dimasyarakat serta melakukan pembinaan yang berkelanjutan terhadap keluarga dengan anak usia sekolah dan dapat mengoptimalkan pengelolaan kasus kesehatan jiwa dimasyarakat. Kata Kunci : Motorik, Stimulasi, Usia Sekolah Daftar Pustaka : 53 (2002-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Eka Putri, M. Kep. Sp. Kep. J
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 19 Oct 2018 13:02
Last Modified: 19 Oct 2018 13:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38215

Actions (login required)

View Item View Item