ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN NON ST ELEVATION MYOCARD INFARCT DENGAN PENERAPAN AMBULASI DINI DAN PERUBAHAN POSISI POST PERCUTANEOUS CORONARY INTERVENTION (PCI)DI RUANGAN CARDIOVASCULARCARE UNIT (CVCU) RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Riska, Yusnita Sari (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN NON ST ELEVATION MYOCARD INFARCT DENGAN PENERAPAN AMBULASI DINI DAN PERUBAHAN POSISI POST PERCUTANEOUS CORONARY INTERVENTION (PCI)DI RUANGAN CARDIOVASCULARCARE UNIT (CVCU) RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover fix.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img] Text (KTI FULL TEXT)
KTI RISKA YUSNITA SARI 1741312043.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penyakit Jantung Koroner adalah penyakit kardiovaskuler yang paling banyak menyebabkan kematian dengan angka 9,4 juta orang di dunia setiap tahunnya. Non ST Elevation Miocardial Infarct (NSTEMI) merupakan salah satu penyakit jantung coroner dengan mortalitas jangka panjang tertinggi dibandingkan yang lainnya. Adapun penanganan NSTEMI dengan Percutaneous Coronary Intervention (PCI) yaitu tindakan menggunakan balon halus yang dirancang untuk melebarkan arteri koroner. Setelah tindakan PCI pasien diistirahatkan selama 8-12 jam dan diperlukan intervensi keperawatan dengan ambulasi dini dan perubahan posisi pasien untuk meningkatkan kenyamanan dan mencegah nyeri punggung pada pasien. Tujuan penulisan ini adalah untuk memaparkan asuhan keperawatan pada NSTEMI dengan penerapan ambulasi dini dan perubahan posisi untuk mengurangi nyeri punggung post Percutaneous Intervention di Ruang CVCU RSUP Dr. M. Djamil Padang. Metode penulisan yang digunakan adalah studi kasus. Prosedur yang dilakukan adalah pengkajian, penetapan diagnosa keperawatan, membuat intervensi, dan evaluasi. Diagnosa yang ditemukan adalah gangguan pertukaran gas berhubungan dengan ketidakseimbangan ventilasi perfusi, penurunan curah jantung berhubungan dengan perubahan irama jantung, perubahan kontraktilitas jantung dan perubahan preload, nyeri akut berhubungan dengan agen cidera biologis dan resiko perdarahan berhubungan dengan efek pengobatan. Hasil implementasi yang dilakukan adalah tidak adanya nyeri punggung pada pasien setelah pengaturan posisi. Disarankan untuk menggunakan ambulasi dini dan perubahan posisi untuk mengatasi ketidaknyaman pada pasien post PCI. Kata Kunci : NSTEMI, Percutaneous Coronary Intervention, ambulasi dini dan perubahan posisi Daftar Pustaka : 30 (2007-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Elvi Oktarina, M. Kep., Ns. Sp. Kep. MB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:38
Last Modified: 18 Oct 2018 17:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38211

Actions (login required)

View Item View Item