ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN ACUTE DECOMPENSATED HEART FAILURE (ADHF) DENGAN PEMBERIAN BREATHING EXERCISE DI RUANG CARDIOVASCULAR CARE UNIT(CVCU) RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018

Yance, Yulia (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN ACUTE DECOMPENSATED HEART FAILURE (ADHF) DENGAN PEMBERIAN BREATHING EXERCISE DI RUANG CARDIOVASCULAR CARE UNIT(CVCU) RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (KTI FULL TEXT)
KTI YANCE YULIA LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sesak nafas / dyspnoe adalah keluhan yang paling umum yang dirasakan oleh pasien dengan ADHF atau Heart failure. Sesak biasanya bertambah berat jika beraktifitas. Selain itu pasien dengan heart failure juga mengalami ortopnoe ( sesak ketika tidur dalam posisi terlentang). Pursed lip Breathing merupakan latihan pernafasan dengan merapatkan bibir yang bertujuan untuk melambatkan ekspirasi, mencegah kolap unit paru dan membantu pasien untuk mengendalikan frekuensi pernafasan serta kedalaman pernafasan sehingga dapat menurunkan sesak nafas. Tujuan penulisan laporan ilmiah akhir ini adalah untuk membahas asuhan keperawatan pada pasien ADHF dengan pemberian breathing exercise : pursed lip breathing untuk mengurangi sesak pada pasien di ruangan CVCU RSUP Dr. M. Djamil padang. Prosedur yang dilakukan dimulai dengan pengkajian, analisa data, diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan pengkajian yang dilakukan didapatkan diagnosa keperawatan utama pada klien adalah pola nafas tidak efektif, penurunan curah jantung, dan resiko gangguan sirkulasi spontan. Hasil implementasi menunjukkan bahwa masalah keperawatan teratasi dengan baik. Penerapan pemberian latihan nafas dapat mengurangi dispnoe dan menimbulkan kenyamanan pada pasien. Disarankan kepada perawat ruangan CVCU untuk dapat menerapkan pemberian breathing exercise : pursed lip breathing pada pasien dengan heart failure untuk mengurangi sesak nafas dan member kenyamanan klien. Kata kunci : ADHF, Dyspnoe, Breathing Exercise Daftar pustaka : 30 ( 2005 – 2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Elvi Oktarina, M. Kep., Ns. Sp. Kep. MB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:51
Last Modified: 18 Oct 2018 17:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38208

Actions (login required)

View Item View Item