Marinka, Indah Putri (2018) KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) ( STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK DI UNIVERSITAS ANDALAS ). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (332kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (252kB) | Preview |
|
Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK DI UNIVERSITAS ANDALAS OLEH: MARINKA INDAH PUTRI 1410861014 Pembimbing: Dr. Emeraldy Chatra, M.Ikom Rinaldi, M.Ikom Metode pembelajaran yang digunakan Universitas Andalas dalam mengomunikasikan materi ajar kepada mahasiswa adalah metode Student Centered Learning (SCL), salah satunya pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) telah ditetapkan metode pembelajaran SCL. Materi ajar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) bersifat teoritis dan membutuhkan nalar serta pemikiran-pemikiran kritis dari mahasiswa sehingga mahasiswa secara berkelompok mampu berpartisipasi aktif dalam proses belajar. Komunikasi kelompok dalam metode pembelajaran SCL tentu memiliki hambatan sehingga metode pembelajaran menjadi tidak sempurna. Penelitian ini mendeskripsikan interaksi sosial, peran dan tanggung jawab serta hambatan komunikasi kelompok pada mahasiswa FISIP. Memahami komunikasi kelompok pada mahasiswa FISIP tersebut, maka peneliti menganalisis menggunakan Teori Prestasi Kelompok yang dikemukakan oleh Stogdill dengan tiga faktor yang menyebabkan suatu kelompok efektif yaitu input, variabel media dan output, serta menganalisis hambatan-hambatan dalam melakukan komunikasi kelompok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi kelompok pada mahasiswa FISIP belum maksimal karena mahasiswa tidak melakukan interaksi sosial dalam kelompok, tidak melaksanakan peran dan tanggung jawabnya dalam kelompok yang disebabkan ada hambatan-hambatan dalam melakukan komunikasi kelompok tersebut sehingga tidak tercipta mahasiswa yang mandiri, berpikir kritis dan kreatif serta memiliki tanggung jawab dalam mengerjakan tugas kelompok. kata kunci : komunikasi kelompok, metode student centered learning, interaksi sosial, hambatan komunikasi kelompok
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 11:55 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 11:55 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38107 |
Actions (login required)
View Item |