HUBUNGAN GANGGUAN TIDUR DENGAN KUALITAS HIDUP PADA ANAK USIA SEKOLAH PENDERITA LEUKEMIA LIMFOBLASTIK AKUT DI RSUP DR. M.DJAMIL PADANG TAHUN 2018

Rahma Yuni, Suci (2018) HUBUNGAN GANGGUAN TIDUR DENGAN KUALITAS HIDUP PADA ANAK USIA SEKOLAH PENDERITA LEUKEMIA LIMFOBLASTIK AKUT DI RSUP DR. M.DJAMIL PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI Full text)
SKRIPSI Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Anak yang menderita Leukemia limfoblastik akut ( LLA) mengalami peningkatan setiap tahunnya. Gangguan tidur merupakan salah satu masalah yang sering dialami anak dan dapat mempengaruhi kualitas hidup anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan, arah dan kekuatan antara gangguan tidur dan kualitas hidup anak dengan leukemia limfoblastika akut di RSUP.Dr M. Djamil Padang tahun 2018. Desain penelitian ini adalah cros sectional study. Sampel penelitian ini terdiri dari 47 orang anak usia sekolah dan orang tua anak dengan LLA dan pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret hingga September 2018. Penelitian ini menggunakan kuesioner PedsQLTM 3.0 Cancer Module dan SDSC (Sleep Disturbance Scale for Children). Hasil penelitian ini didapatkan skor ratarata gangguan tidur pada anak adalah 42,17. Skor total rata-rata kualitas hidup adalah 56,23. Selanjutnya uji Spearman menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara gangguan tidur dan kualitas hidup anak dengan LLA (p =0,000) dengan arah negatif dan kekuatan hubungan kuat (r = - 0,746). Diharapkan perawat untuk dapat memberikan edukasi kepada anak dan orang tua tentang penyakit leukemia limfoblastik akut untuk mengurangi kekhawatiran anak akan penyakitnya. Kata kunci : LLA, Gangguan Tidur, Kualitas Hidup Daftar Pustaka : 55 (2005-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dwi Novrianda, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Sep 2018 10:39
Last Modified: 21 Sep 2018 10:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37887

Actions (login required)

View Item View Item