PROSES KOMUNIKASI KPU PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM SOSIALISASI PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SUMATERA BARAT TAHUN 2015

Melisa, Mivadila (2018) PROSES KOMUNIKASI KPU PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM SOSIALISASI PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SUMATERA BARAT TAHUN 2015. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text
TESIS full taxt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Proses Komunikasi KPU Provinsi Sumatera Barat Dalam Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2015 Oleh : Melisa Mivadila BP: 1620869022 Pembimbing: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom Dr. Ria Ariany, M.Si Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan komunikasi KPU Sumatera Barat dalam sosialisasi Pilgub Sumatera Barat Tahun 2015 yang tidak mencapai target partisipasi pemilih sebesar 77,5 %. Sosialisasi merupakan kegiatan penyampaian informasi pemilu kepada khalayak dengan target peningkatan kehadiran pemilih di TPS. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses penyusunan, penyampaian serta penerimaan pesan sosialisasi, menemukan hambatan dan mengusulkan model proses komunikasi dalam sosialisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dianalisis menggunakan model Boove dan Thil serta glamour theory. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi dalam sosialisasi belum maksimal dan pesan tidak tersebar merata diterima khalayak. Proses komunikasi KPU Sumbar dalam Pilgub Sumbar 2015 terdiri dari 8 (delapan) tahap. Hambatan yang ditemukan selama proses komunikasi yakni hambatan dalam proses, semantik, fisik dan psikologis. Hambatan lain yang ditemukan yaitu keterlambatan regulasi dan perencanaan yang tidak maksimal. Model proses komunikasi yang ditambahkan dalam tahapan komunikasi KPU Sumbar adalah tahap evaluasi. Saran dalam penelitian ini yaitu KPU Provinsi Sumatera Barat perlu membuat perencanaan dengan baik, menggandeng relawan demokrasi yang dibekali dengan informasi pemilihan yang lengkap sebagai perpanjangantangan KPU dan komunikasi tatap muka lebih efektif dilakukan dengan mendatangi komunitas secara langsung serta evaluasi sebaiknya dilakukan dalam setiap proses komunikasi. Kata Kunci: Proses Komunikasi, Sosialisasi. Tatap Muka.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. EMERALDY CHATRA, M.I.Kom
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 14 Sep 2018 10:14
Last Modified: 14 Sep 2018 10:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37838

Actions (login required)

View Item View Item