TUGAS PENDAMPING DALAM SUSTAINABLE COCOA PRODUCTION PROGRAM (SCPP) PADA SEKOLAH LAPANG KAKAO (SL-KAKAO) DI NAGARI SUNGAI SIRAH KURANJI HULU KECAMATAN SUNGAI GERINGGING KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Adil, Adil Emka Pradana (2017) TUGAS PENDAMPING DALAM SUSTAINABLE COCOA PRODUCTION PROGRAM (SCPP) PADA SEKOLAH LAPANG KAKAO (SL-KAKAO) DI NAGARI SUNGAI SIRAH KURANJI HULU KECAMATAN SUNGAI GERINGGING KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN & SARAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pendamping dalam Sustainable Cocoa Production Program (SCPP) pada Sekolah Lapang Kakao di Kelompok tani Gunung Saiyo, kemudian menganalisis tingkat kemampuan serta mengukur motivasi petani dalam pembudidayaan kakao. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengambilan responden sebanyak 26 orang dengan metode sensus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendamping telah melaksanakan tugasnya berdasarkan empat fungsi bidang tugas pendampingan yakni pada tugas memfasilitasi dilakukan dalam sosialisi dan memfasilitasi sekolah lapang, sebagai penguatan dilakukan dalam pelatihan ToT kepada petani andalan dan penyuluh, sebagai perlindungan dilakukan dalam koordinasi dengan dinas BPK dan bertanggung jawab pada kegiatan sekolah lapang, dan sebagai pendukung yakni melakukan pendampingan kepada petani kakao dalam praktek menerapkan budidaya setelah adanya pelatihan petani pada sekolah lapang kakao, kemudian tingkat kemampuan petani dalam budidaya kakao tergolong tinggi setelah petani mengikuti sekolah lapang kakao. Tingkat motivasi petani menjadi tinggi setelah adanya sekolah lapang, meningkatnya pengetahuan petani dalam bidang budidaya kakao setelah petani mengikuti sekolah lapang kakao, dan meningkatnya keterampilan yang diperoleh oleh petani dalam mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dari pelatihan yang dilakukan saat sekolah lapang serta kegiatan pendampingan menjadikan petani lebih bersemangat dalam membudidayakan kakao. Diharapkan sebaiknya kegiatan pendampingan dapat tetap dilanjutkan oleh petani andalan kelompok tani Gunung Saiyo, sehingga keberlanjutan produksi kakao tetap terjaga walaupun kegiatan pendampingan dari SCPP telah berakhir. Kata kunci : Tugas Pendamping, Kemampuan, Motivasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ferdhinal Asful S.P, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 07 Aug 2018 16:33
Last Modified: 07 Aug 2018 16:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37625

Actions (login required)

View Item View Item