KOMUNIKASI HYPERPERSONAL ANTAR PENGGUNA TINDER DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN ROMANTIS (Studi Deskriptif terhadap Enam Orang Mahasiswa/i Pengguna Tinder di Kota Padang)

Dea, Samantha Agner (2018) KOMUNIKASI HYPERPERSONAL ANTAR PENGGUNA TINDER DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN ROMANTIS (Studi Deskriptif terhadap Enam Orang Mahasiswa/i Pengguna Tinder di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 (Penutup).pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)

Abstract

Komunikasi hyperpersonal digunakan untuk menggambarkan hubungan interpersonal melalui computer mediated communication yang lebih intim dari pada romance atau persahabatan jika pasangan secara fisik bersama-sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi hyperpersonal antar pengguna Tinder dalam membangun hubungan romantis. Penelitian ini menggunakan teori Social Information Processing Theory. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dimana pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan berjumlah enam orang yang merupakan pengguna Tinder dan telah menemukan pasangan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan hubungan yang terjadi didalam penggunaan Tinder melalui tiga tahapan, yaitu tahap kontak, keterlibatan dan keakraban sehingga mencapai hubungan romantis. Tahapan ini dijelaskan dengan karakteristik dalam komunikasi hyperpersonal yaitu sender yang melakukan selective self presentation, receiver yang melakukan overattribution of similarity, channel yang membuat komunikasi tidak berbatas waktu, serta feedback yang diharapkan dalam membentuk hubungan. Kata kunci : komunikasi, hyperpersonal, online dating, tinder, computer mediated communication.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Asmawi, MS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 03 Aug 2018 15:07
Last Modified: 03 Aug 2018 15:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37603

Actions (login required)

View Item View Item