ANTARA EKONOMI MORAL DAN EKONOMI RASIONAL PADA PROGRAM DENFARM POLA S.R.I Studi Pada P3A Padibu Kecamatan Ulakan Tapakis dan P3A Banda Iduik Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman

Panji, Asrywan (2018) ANTARA EKONOMI MORAL DAN EKONOMI RASIONAL PADA PROGRAM DENFARM POLA S.R.I Studi Pada P3A Padibu Kecamatan Ulakan Tapakis dan P3A Banda Iduik Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstract)
cover-dan-jurnal-upload-fixed.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
pendahuluan.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan Dan Saran)
kesimpulan-dan-saran.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar-pustaka-upload.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img] Text (Tesis Lengkap)
tesis-lengkap-upload-fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sinkretisme antara ekonomi moral dan ekonomi rasional petani pada program Denfarm pola S.R.I di P3A Padibu serta P3A Banda Iduik Kecamatan Ulakan Tapakis dan Kecamatan Nan Sabaris. Kemudian juga memahami kaitan sinkretisme ekonomi moral serta ekonomi rasional petani terhadap hasil panen Denfarm Pola S.R.I. Program Denfarm pola S.R.I dilakukan pemerintah agar petani dapat meningkatkan hasil produksi beras. Kegiatan ini dilaksanakan pada P3A Padibu dan P3A Banda Iduik Kecamatan Ulakan Tapkis serta Kecamatan Nan Sabaris, tetapi hasil yang diperoleh sangat berbeda. Terdapat masalah sosiologis yang mempengaruhi hasil produksi Denfarm pola S.R.I. Analisis data yang digunakan adalah analisis hermeneutik kualitatif dengan menggunakan teori ekonomi moral James Scoot dan ekonomi Rasional Petani Samuel Popkin. Hasil peneltian menunjukan rendahnya hasil produksi Denfarm pola S.R.I P3A Padibu disebabkan oleh ketua yang melakukan tindakan berbohong dan mencuri guna mencapai kepentingan pribadi selain itu ketua tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap kegiatan Denfarm yang berimbas kepada munculnya sifat bermalas-malasan peserta lainya. Peserta juga memiliki lahan lain yang lebih produktif sehingga peserta tidak menghiraukan hasil yang didapat dari lahan program Denfarm. Tinggi hasil produksi Denfarm P3A Banda Iduik terjadi karena menganut ekonomi rasional, akan tetapi sifat tersebut terbentuk karena ingin memeprtahankan nama baik kelompok oleh karena itu mereka takut untuk gagal dalam kegiatan ini. Kata Kunci: Kata Kunci: Ekonomi Moral, Rasional Petani, Denfarm Pola S.R.I, P3A.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. (rez). Damsar, MA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 31 Jul 2018 11:14
Last Modified: 31 Jul 2018 11:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37214

Actions (login required)

View Item View Item