Berbehel: Gaya Hidup Trendi Mahasiswi STKIP PGRI Sumatera Barat (Studi Kasus: 6 (Enam) Mahasiswi STKIP PGRI Sumatera Barat)

Silvia, Purnama Sari (2018) Berbehel: Gaya Hidup Trendi Mahasiswi STKIP PGRI Sumatera Barat (Studi Kasus: 6 (Enam) Mahasiswi STKIP PGRI Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Kesimpulan)
BAB VI Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Di dalam kehidupan, manusia memiliki bermacam-macam kebutuhan, seperti: makanan, pakaian perumahan, pendidikan, dan kesehatan. Kebutuhan juga dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi atau banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi, termasuk kebutuhan terhadap penampilan. Di dalam kehidupan masyarakat modern, penampilan seolah-olah menjadi hal utama, tak terkecuali bagi mahasiswa. Mereka sering tampil sesuai dengan mode “terkini”. Mengikuti mode yang sedang in, keren dan tidak ketinggalan zaman. Penelitian ini mendeskripsikan tentang pemakaian behel di kalangan mahasiswi di STKIP PGRI Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Tujuan penelitian adalah mengetahui fenomena pengguna behel berlangsung di kalangan mahasiswi STKIP PGRI Sumatera Barat. Mengetahui alasan atau penyebab mahasiswi di STKIP PGRI Sumbar cenderung mengikuti tren behel. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep kebudayaan, konsumsi serta konsep gaya hidup. Behel bagi mahasiswi menjadi sebuah kebutuhan kesehatan sekaligus penunjang penampilan serta menambah kepercayaan diri. Dahulu orang menggunakan behel dianggap sebagai orang yang “cupu” sehingga orang malu menggunakanya. Namun, sekarang pandangan tersebut telah berubah. Orang yang menggunakan behel saat ini justru lebih percaya diri karena dianggap trendy, cantik, menarik dan bahkan kini behel telah menjadi sebuah gaya hidup. Behel yang biasanya digunakan sebagai alat kesehatan, saat ini dilihat bukan hanya sekedar fungsinya aslinya saja.Hasil penelitian menunjukan bahwa alasan mahasiswi STKIP cnderung mengikuti tren behel dengan bebagai alasan, seperti faktor kesehatan, citra diri, serta dikarenakan pengaruh dari luar diri individu tersebut. Pengaruh gaya hidup terhadap pemakaian behel di kalangan mahasiswi juga dapat dilihat dari behel yang dijadikan sebagai penunjang penampilan mahasiswi tersebut. Kata kunci: Behel, Gaya hidup, Mahasiswi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Maskota Delfi, M.Hum
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 30 Jul 2018 16:48
Last Modified: 30 Jul 2018 16:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37131

Actions (login required)

View Item View Item