ANALISIS HUBUNGAN KOMPETENSI KEPALA RUANGAN DALAM PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN DENGAN KINERJA PERAWAT DALAM PENERAPAN SASARAN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM MAYJEN HA THALIB KERINCI

Thrisia, Monica (2018) ANALISIS HUBUNGAN KOMPETENSI KEPALA RUANGAN DALAM PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN DENGAN KINERJA PERAWAT DALAM PENERAPAN SASARAN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM MAYJEN HA THALIB KERINCI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
COVER dan ABSTRAK(13).pdf thrisia m.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL taxt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S2 KEPERAWATAN PEMINATAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Tesis, Juli 2018 Thrisia Monica Analisis Hubungan Kompetensi Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat dalam Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Mayjen HA Thalib Kerinci xvi+ 110 hal + 10 lampiran + 1 skema Abstrak Pelaksanaan fungsi manajemen membutuhkan kompetensi dari kepala ruangan sebagai manajer utama di ruang rawat inap. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kompetensi kepala ruangan dalam melaksanakan fungsi manajemen dengan kinerja perawat dalam penerapan sasaran keselamatan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional yang dilakukan pada 103 perawat pelaksana di Instalasi Rawat Inap RSUD Mayjen H.A Thalib Kerinci . Hasil dari analisa data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepala ruangan yang berhubungan dengan kinerja perawat dalam penerapan keselamatan pasien adalah fungsi pengorganisasian (p=0.007,α=0,05) dan fungsi pengarahan (p=0.014:α=0.05) dengan faktor yang paling berhubungan dengan kinerja perawat dalam penerapan sasaran keselamatan pasien adalah fungsi pengorganisasian (p=0.022:α = 0,05). Kepala ruangan selalu meningkatkan kompetensi dalam menjalankan fungsi manajemen keperawatan terutama pada fungsi pengorganisasian dan pengarahan dalam meningkatkan kinerja perawat dalam penerapan sasaran keselamatan pasien. Kata kunci : Kompetensi Kepala ruangan, Kinerja perawat, keselamatan pasien Daftar pustaka : 85 (2007-2016)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Ns.Meri Neherta,M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2018 12:24
Last Modified: 02 Aug 2018 12:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37109

Actions (login required)

View Item View Item