AKTIVTAS BAURAN PROMOSI PADA PT. AGUNG AUTOMALL, TBK AUTO2000 CABANG BATAM

FIKRI, ANUGRAH PRISMANDA (2016) AKTIVTAS BAURAN PROMOSI PADA PT. AGUNG AUTOMALL, TBK AUTO2000 CABANG BATAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
08 finishing TA fikri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri mobil di Indonesia semakin hari semakin pesat sehingga memunculkan persaingan antara produsen mobil yang berlomba-lomba mengeluarkandesain mobil terbaru untukmemuaskan keinginan para konsumennya. Dengan melihat Indonesia merupakan pasar potensial untuk pemasaran mobil membuat para produsen mobil memanfaatkan kesempatan tersebut. Hal ini didukung oleh aktivitas promosi yang dilakukan oleh produsen mobil untuk menarik konsumen agar membeli produk perusahaannya. Promosi merupakan bagian penting yang dilakukan perusahaan untuk memberikan informasi mengenai produk, harga, dan tempat dalam mempengaruhi dan membujuk konsumen atau pihak lain karena promosi sering disebut sebagai proses lanjutan sehingga menimbulakan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan. Promosi yang dilakukan perusahaan bertujuan untuk menarik konsumen melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Promosi termasuk dalam salah satu variabel bauran pemasaran. Di dalam promosi juga terdapat beberapa unsur untuk mendukung kegiatan promosi yang disebut bauran promosi. Menurut Kotler dan Amstrong (2008), bauran promosi merupakan paduan spesifik iklan,penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan saranapemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan. Bauran promosi merupakan salah satu hal yang paling penting untuk meningkatkan penjualan suatu perusahaan. Sejalan dengan hal tersebut, upaya yang dapat dilakukan dalam memasarkan suatu produk yakni dengan melakukan kegiatan promosi yang meliputi, advertising, sales promotion, personal selling, public relation, direct marketing agar calon konsumen lebih mengenal, memahami, serta mengerti terhadap produk yang ditawarkan. Promosi dihadapkan pada berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan kelebihan-kelebihan produk yang dimiliki agar dapat membujuk calon pembeli. Oleh sebab itu manajer pemasaran harus memilih bentuk promosi yang tepat dan terpadu agar menghasilkan efek domino sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. Bauran promosi memegang peranan penting dalam pemasaran produk suatu perusahaan. Peranan penting bauran promosi yaitu sebagai berikut : 1. Memberikan Informasi Promosi membuat konsumen sadar akan produk-produk baru, promosi memfasilitasi penciptaan citra sebuah perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa. 2. Membujuk Media promosi atau iklan yang baik akan mampu mempersuasi pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan. 3. Mengingatkan Iklan merupakan salah satu alat promosi yang dilakukan perusahaan digunakan untuk menjaga merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. 4. Menambah Nilai Promosi yang efektif menyebabkan merek dipandang elegan, lebih bergaya, lebih bergengsi dan dapat lebih unggul dari tawaran pesaing. Dengan cara penyempurnaan kualitas, atau mengubah persepsi konsumen. 5. Mendampingi upaya-upaya lain dari perusahaan Iklan merupakan salah satu alat dari promosi, iklan dapat mengawasi proses penjualan produk-produk perusahaan dan memberikan pendahuluan yang bernilai bagi wiraniaga sebelum melakukan kontrak personal dengan para pelanggan yang prospektif. Demikian halnya dengan PT. Agung Automall, Tbk Auto2000 Cabang batam sebagai penyalur kendaraan Toyota di Kota Batam yang berkedudukan di jalan Yos Sudarso, Batu Ampar Batam, Kepulauan Riau, Indonesia, tentu juga sangat memperhatikan kegiatan promosi dan memilih bauran promosiyang efektif untuk mempromosikan kendaraan merek Toyota yang sudah pasti akan intens dalam melakukan kegiatan promosi melalui berbagai media yang bertujuan merebut pangsa pasar dari jenis kendaraan yang sejenis yang telah diluncurkan kepasaran oleh para pesaing. Berdasarkan kondisi yang telah disebutkan diatas, maka menarik minat penulis untuk mengambil judul“Aktivitas Bauran PromosiPada PT. Agung Automall, Tbk Auto2000 Cabang Batam”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 17 Mar 2016 06:01
Last Modified: 17 Mar 2016 06:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/3709

Actions (login required)

View Item View Item