Manajemen Hubungan Pelanggan pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Cabang Bukittinggi

Ing, Yusapindo Em (2018) Manajemen Hubungan Pelanggan pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Cabang Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER TUGAS AKHIR OK.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
COVER TUGAS AKHIR OK_lembaran4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada globalisasi yang berbasis IT seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang menggunakan berbagai sarana dalam usahanya untuk meningkatkan manajemen hubungan pelanggan (CRM). Secara khusus mereka berusaha memberikan layanan yang sifatnya yang personal sehingga dapat memberikan kepuasan yang tinggi pada pelanggannya, untuk dapat meningkatkan manajemen hubungan pelanggan (CRM), perusahaan tidak segan melakukan investasi yang cukup mahal dan teknologi yang cukup canggih yang mampu memberikanlayananyangmaksimalbagipelanggan. Kondisipersainganyang semakintinggi, memicuperusahaan untukdapat melakukanstrategi yangtepatagardapatbertahandan berkembangdiduniabisnis. Berbagai macam strategi dilakukan, terutama dalam menciptakan keunggulan bersaing perusahaan. Karena dengan demikian, perusahaan mampu memuaskan pelanggan serta membuat pelanggan loyal. Namun dalam menciptakan pelanggan yang loyal itu tidaklah mudah, perusahaan harus memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan serta mempelajari berbagai macam karakteristik pelanggan. Jika hal itu telah mampu dijalankan perusahaan, maka perusahaan baru bisa menetapkanstrategiyangtepatdanmenjalankannya(Anonym,2013). Salah satu strategi penting yang harus dimiliki perusahaan bisnis dalam mempertahankan pelanggan adalah Manajemen Hubungan Pelanggan/Customer Relationship Management (CRM). Sasaran utama dari CRM adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertianyanglebihbaikterhadapkebiasaan(behavior)pelanggan (Tunggal,AminWidjaja.2008).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DIAN RANI YOLANDA, SE.M.Bus
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 27 Jul 2018 12:23
Last Modified: 27 Jul 2018 12:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36855

Actions (login required)

View Item View Item