Ratih, Agustin Wulandari (2018) PENERAPAN PRINSIP TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK, “(GOOD CORPORATE GOVERNANCE-GCG)”OLEH DIREKSI DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA PERBANKAN (STUDI KASUS PADA PT BPR DHARMA NAGARI). Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (546kB) | Preview |
|
|
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (319kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
TESIS FULL PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
Abstract
Tata perusahaan yang baik dibutuhkan dalam dunia perbankan terutama oleh BPR untuk tetap bertahan. Sokongan perbaikan dalam tata kelola bank yang baik ini dibuktikan dengan dikeluarkannya Peraturan Otoritas jasa Keuangan nomor : 4/POJK.03/2015 tentang Penerapan Tata Kelola bagi Bank Perkreditan Rakyat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan Good Corporate Governace (GCG ) pada PT. BPR Dharma Nagari, permasalahan serta usaha penyelesaian dilakukan PT. BPR Dharma Nagari dalam menerapakan prinsip GCG, dan tanggung jawab direksi dalam menerapkan prinsip GCG pada PT. BPR Dharma Nagari. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yaitu penelitian hukum yang mengkaji dan menganalisa tentang bekerjanya hukum dalam masyarakat, dimana perilaku hukum individu atau masyarakat dalam kaitannya dengan hukum dan sumber data yang digunakan berasal dari data primer. Hasil yang diperoleh PT. BPR Dharma Nagari setelah melaksanakan GCG berpedoman pada Peraturan Otoritas jasa Keuangan nomor : 4/POJK.03/2015 tentang Penerapan Tata Kelola bagi Bank Perkreditan Rakyat, dengan lima prinsip dasar yaitu tranparansi, akuntabilitas, responsibility, fairnes dan indepedensi. Permasalahan yang ditemukan oleh PT. BPR Dharma Nagari dalam menerapkan prinsip GCG adalah penerapan hukum yang tidak efektif, lemahnya manajemen resiko, lemahnya sumber daya manusia dan budaya pada PT. BPR Dharma Nagari yang tidak mendukung. Hal-hal yang dilakukan oleh PT. BPR Dharma Nagari untuk mengatasi kendala-kendala tersebut adalah PT. BPR Dharma Nagari melakukan pengawasan oleh SPI. Meningkatkan mutu sumber daya manusia, melaksanakan penerimaan karyawan secara terbuka. Direksi PT. BPR Dharma Nagari bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan prinsip GCG pada PT. BPR Dharma Nagari ini dibuktikan dengan pengambilan keputusan yang bersifat operasional dilakukan oleh Direksi secara independen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Dr. Yulia Mirwati, S.H., C.N., M.H |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 ilmu hukum |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 14:44 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 14:44 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36607 |
Actions (login required)
View Item |