Efek Proteksi Fraksi Air Umbi Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) Terhadap Disfungsi Sel Endotel Mencit Putih Jantan Dengan Induksi Larutan NaCl 3%

Rio, Kirnanda (2018) Efek Proteksi Fraksi Air Umbi Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) Terhadap Disfungsi Sel Endotel Mencit Putih Jantan Dengan Induksi Larutan NaCl 3%. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang efek proteksi fraksi air ekstrak etanol umbi bawang dayak (Eleutherine palmifolia (L.) Merr) telah dilakukan terhadap disfungsi sel endotel. Endotel adalah sel-sel yang melapisi permukaan bagian dalam pembuluh darah dan pembuluh limfatik, membentuk antarmuka antara sirkulasi darah atau getah bening di lumen dan dinding pembuluh darah. Penelitian ini menggunakan NaCl 3% untuk menginduksi sel endotel. Turunnya kadar nitrogen monoksida (NO) menandai disfungsi sel endotel. Mencit yang digunakan dalam penelitian adalah mencit dengan berat rata-rata 20-30 gram, berumur 2-3 bulan yang dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif, kontrol positif, D1, D2 dan D3. Dosis fraksi air umbi bawang dayak yang diberikan 12,5 mg/kgBB, 25 mg/kgBB dan 50 mg/kgBB, diberikan secara oral satu jam setelah penginduksian NaCl selama 21 hari. Hasil uji ANOVA satu arah menunjukkan peningkatan konsentrasi NO pada kelompok D1, D2 dan D3 dibandingkan dengan kelompok kontrol positif (p<0.05). Uji lanjut Duncan menunjukkan konsentrasi NO pada masing-masing dosis tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p>0.05). Dengan meningkatnya konsentrasi NO dalam serum, disimpulkan pemberian fraksi air umbi bawang dayak dapat memproteksi sel endotel. Kata kunci : fraksi air, bawang dayak, Eleutherine palmifolia, disfungsi sel endotel, NO, mencit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Suhatri ,M.S, A.pt
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 26 Jul 2018 09:31
Last Modified: 26 Jul 2018 09:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36407

Actions (login required)

View Item View Item