PENGARUH LAMA STIMULASI LISTRIK PADA TEGANGAN 110VOLT DAN LAMA PEMBEKUAN TERHADAP KUALITAS FISIK DAN KIMIA DAGING Silverside SAPI PESISIR

Nela, Gusti Ermarice (2018) PENGARUH LAMA STIMULASI LISTRIK PADA TEGANGAN 110VOLT DAN LAMA PEMBEKUAN TERHADAP KUALITAS FISIK DAN KIMIA DAGING Silverside SAPI PESISIR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
bab I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 penutup)
bab V kesimpulan.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama stimulasi listrik pada tegangan 110 volt dan lama pembekuan terhadap kualitas fisik dan kimia daging Silverside sapi Pesisir. Penelitian ini menggunakan daging Silverside sapi Pesisir berjenis kelamin jantan umur 2,5 sampai 3 tahun dan Body Condition Scoring (BCS) 3 yang diambil masing-masing 1,5 kg dari setiap 5 ekor sapi Pesisir. Penelitian ini menggunakan Split-plot 3×2 dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK), faktor A adalah lama stimulasi listrik (a1 = 1 menit, a2 = 2 menit dan a3 = 3menit) dan faktor B adalah lama pembekuan (b1 = 1 bulan dan a2 = 2 bulan) dengan 5 kali pengambilan sampel sebagai kelompok. Peubah yang diukur adalah pH, daya ikat air, susut masak, keempukan, kadar air, kadar protein dan kadar lemak. Data penelitian ini diolah menggunakan analisis variasi (ANOVA). Jika perlakuan menunjukkan pengaruh yang nyata maka dilakukan uji lanjut menggunakan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi (P>0,05) antara lama stimulasi listrik dengan lama pembekuan terhadap kualitas fisik dan kimia daging Silverside sapi Pesisir. Lama stimulasi listrik berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap susut masak, dimana susut masak tertinggi pada stimulasi listrik 1 menit (36,12%), 3 menit (30,46%), dan susut masak terendah pada stimulasi listrik 2 menit (28,90%), namun lama stimulasi listrik tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap pH, daya ikat air, keempukan, kadar air, kadar protein dan kadar lemak daging. Lama pembekuan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap keempukan, dimana nilai keempukan pada pembekuan 1 bulan (4,61 Kg/cm2) lebih tinggi daripada pembekuan 2 bulan (4,08 Kg/cm2), namun lama pembekuan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap pH, daya ikat air, susut masak, kadar air, kadar protein dan kadar lemak daging. Kata kunci : Kualitas Daging, Pembekuan, Sapi Pesisir, Silverside, Stimulasi Listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Khasrad, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 26 Jul 2018 09:47
Last Modified: 26 Jul 2018 09:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36313

Actions (login required)

View Item View Item