PENGARUH VARIASI WAKTU DAN VARIASI TEGANGAN LISTRIK PADA METODE EPD TERHADAP KARAKTERISTIK LAPISAN HIDROKSIAPATIT PARTIKEL MIKRO PADA TITANIUM MURNI (CPTi) UNTUK APLIKASI ORTODONTIK

NAILATUL, FADHILLA (2018) PENGARUH VARIASI WAKTU DAN VARIASI TEGANGAN LISTRIK PADA METODE EPD TERHADAP KARAKTERISTIK LAPISAN HIDROKSIAPATIT PARTIKEL MIKRO PADA TITANIUM MURNI (CPTi) UNTUK APLIKASI ORTODONTIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
5. Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Karies gigi atau gigi berlubang merupakan suatu masalah yang seringkali terjadi dalam kehidupan manusia. Dibutuhkan alternatif untuk mengatasi masalah tersebut dengan melakukan pemasangan implan gigi. Material implan yang cocok digunakan dalam implantasi gigi yaitu titanium murni (CPTi Grade 2), karena memiliki sifat biokompatibilitas, tahan korosi, dan modulus elastisitas hampir sama dengan tulang manusia. Material ini kurang bersifat bioaktif sehingga tidak dapat membangun ikatan dengan jaringan tulang dan gigi manusia. Untuk mendapatkan (CPTi Grade 2) yang bersifat bioaktif dapat dilakukan dengan melapisi dengan hidroksiapatit. Pada penelitian ini pelapisan dilakukan dengan metode electrophoretic deposition karena sangat fleksibel yaitu dapat dimodifikasi dengan mudah untuk aplikasi tertentu, instrumentasi alat yang sederhana dan biaya yang murah. Metode ini dilakukan dengan menghubungkan anoda ke kutub positif dan katoda ke kutub negatif pada power supply. Parameter yang digunakan yaitu variasi waktu 3, 5 dan 7 menit untuk tegangan listrik konstan sebesar 5 volt. Pada variasi tegangan listrik digunakan 3, 5 dan 7 volt untuk waktu konstan selama 5 menit. CPTi Grade 2 yang telah terlapisi hidroksiapatit diamati dengan mikroskop stereo, SEM dan EDX. Pada waktu konstan (5 menit) deposisi partikel HA tersebar merata pada voltase 5 volt. Pada voltase konstan (5 volt) deposisi partikel HA tersebar merata pada waktu 5 menit dengan luas permukaan CPTi yang terlapis 94,9% dan massa HA yang terlapis sebanyak 0,57 mg. Nilai komposisi yang mendekati komposisi ideal HA yang dihasilkan adalah pada variasi waktu 3 menit 5 volt dan pada variasi tegangan listrik 3 volt 5 menit yang menunjukkan bahwa tegangan listrik yang rendah dan waktu pelapisan yang sedikit dapat menghasilkan komposisi lapisan yang mendekati komposisi ideal HA yang melapisi permukaan CPTi Kata kunci : CPTi Grade 2, hidroksiapatit, electrophoretic deposition, waktu, voltase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: PROF. DR. ENG. H. GUNAWARMAN
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 26 Jul 2018 09:29
Last Modified: 26 Jul 2018 09:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36292

Actions (login required)

View Item View Item