PREDIKSI ARUS LALU LINTAS JALUR EVAKUASI TSUNAMI PADA RUAS JALAN TABING - IKUA KOTO DI KOTA PADANG

SANDY, KURNIA (2018) PREDIKSI ARUS LALU LINTAS JALUR EVAKUASI TSUNAMI PADA RUAS JALAN TABING - IKUA KOTO DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1.Sandy Kurnia Teknik Sipil (1410921083).pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2.Sandy Kurnia Teknik Sipil (1410921083).pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3.Sandy Kurnia Teknik Sipil (1410921083).pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4.Sandy Kurnia Teknik Sipil (1410921083).pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5.Sandy Kurnia Teknik Sipil (1410921083).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kota Padang menurut pakar geologi dinyatakan sebagai wilayah yang memiliki potensi tinggi terkena bencana Tsunami apabila terjadi gempa besar. Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) pemerintah telah menetapkan jalur evakuasi kedalam 6 sektor. Ruas jalan Tabing – Ikua Koto berada pada sektor 2, ruas jalan ini bertipe jalan 2 lajur 2 arah. Penelitian ini bertujuan untuk memperkirakan arus lalu lintas pada jalur evakuasi saat terjadi tsunami. Hal ini sangat penting karena jalur evakuasi merupakan jalur yang diperuntukan bagi masyarakat untuk menyelamatkan diri. Sehingga perlu dilihat apakah kondisi jalan Tabing – Ikua Koto layak untuk dikategorikan dan dijadikan jalur evakuasi. Penelitian ini dilakukan melalui survey langsung dilapangan dan data yang didapat dianalisa dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pada hasil penelitian didapatkan nilai kapasitas ruas jalan Tabing – Ikua Koto adalah sebesar 1.860,62 skr/jam. Jam puncak ruas jalan Tabing – Ikua Koto adalah pada pukul 17.00-18.00 dengan 1980 kendaraan, dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,58 dan Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) C. Sedangkan nilai derajat kejenuhan ruas jalan Tabing – Ikua Koto pada kondisi perkiraan terjadi tsunami dengan asumsi semua orang berada dirumah adalah sebesar 1,24 dengan ITP F. Nilai derajat kejenuhan dengan asumsi kendaraan yang berada dirumah berdasarkan waktu adalah pada pagi hari DS 1,06 (ITP F) pada siang hari DS 0,75 (ITP D), pada sore hari DS 1,03 (ITP F) dan pada malam hari DS 1,02 (ITP F). Sehingga dapat disimpulkan bahwa jalan Tabing – Ikua Koto belum bisa melayani arus lalu lintas ketika terjadi tsunami. Pada ruas jalan Tabing – Ikua Koto minim rambu jalur evakuasi karena hanya terdapat 1 buah rambu evakuasi. Kata Kunci : Prediksi Arus Lalu Lintas, Jalur Evakuasi, Indeks Tingkat Pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: YOSSYAFRA Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Jul 2018 14:38
Last Modified: 25 Jul 2018 14:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36151

Actions (login required)

View Item View Item