Strategi Pemasaran kipang H. Anas di Kota Padang

Resinta, Okfa Yuni (2018) Strategi Pemasaran kipang H. Anas di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
KOMPRE ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
pdf bab 1.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
pdf bab 5.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
pdf daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi fiks upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

STRATEGI PEMASARAN KIPANG H. ANAS DI KOTA PADANG ABSTRAK Penelitian ini dilaksanan pada usaha Kipang H. Anas yang beralamat di Jl. Kis Mangunsakoro gang Batang Sikaladi No 30, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, didirikan oleh Nasrul Anas pada tahun 1963. Usaha ini tergolong usaha kecil yang telah berdiri selama 50 tahun dan pemilik usaha ini juga memiliki jiwa-jiwa kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal pemasaran Kipang H. Anas dan merumuskan strategi pemasaran yang akan diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pihak usaha kipang H. Anas dan pelanggan dijadikan sumber data primer dan data sekunder diperoleh dari instansi atau dinas terkait dengan penelitian ini, yaitu Dinas Perdagangan serta Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Padang. Metode pengambilan responden menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data berupa analisis kualitatif yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal usaha kipang H. Anas serta merumuskan strategi alternatif jangka pendek yang tepat untuk pemasaran kipang H. Anas sehingga dapat bersaing dengan kipang lainnya. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan pada perhitungan matriks Internal Factor Evaluation (IFE), Eksternal Factor Evaluation (EFE), Internal-Eksternal (IE) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil penelitian, dirumuskan strategi pemasaran kipang kacang H. Anas dari hasil total analisa adalah pada matriks IFE 2,83, EFE 3,547, IE berada pada sel kedua (tumbuh dan membangun) dan nilai QSPM adalah alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh pihak usaha yaitu: 1) memperbaiki sistem promosi, 2) meningkatkan pangsa pasar, 3) memperbaiki label dan kemasan produk, 4) melakukan kerjasama dengan berbagai pemasok, 5) melakukan kerjasama dengan pihak pengecer sebagai distributor. Strategi yang bisa diterima oleh perusahaan yaitu meningkatkan pangsa pasar usaha kipang H. Anas diharapkan dapat melaksanakan strategi pemasaran yang telah ditetapkan dengan melakukan pertimbangan yang sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal untuk meningkatkan volume penjualan produk sehingga mampu memperoleh keuntungan yang maksimal dimasa mendatang, dengan upaya menjalin hubungan kerjasama yang baik dalam penjualan produknya. KATA KUNCI: Kipang, Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir.Zelfi Zakir, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 25 Jul 2018 12:14
Last Modified: 25 Jul 2018 12:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36088

Actions (login required)

View Item View Item