Studi Kinerja Jalan dan Tingkat Pelayanan Trotoar (Studi Kasus:Jalan Permindo Padang)

Suci, Fadillah (2018) Studi Kinerja Jalan dan Tingkat Pelayanan Trotoar (Studi Kasus:Jalan Permindo Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and Abstract)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Peningkatan aktivitas masyarakat di Jalan Permindo yang merupakan jalan satu arah di salah satu pusat pertokoan kota Padang menyebabkan pengurangan kinerja jalan dan berpengaruh terhadap pengurangan kecepatan kendaraan akibat fasilitas parkir badan jalan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kinerja ruas jalan permindo dan menganalisa tingkat pelayanan trotoar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei lapangan. Pengumpulan data dilakukan selama satu hari yaitu hari libur, pada hari Minggu selama 7 jam. Kemudian dianalisa menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dengan variabel penelitian yaitu data volume lalu lintas, kecepatan arus, kapasitas jalan dan derajat kejenuhan. Hasil pengamatan menunjukkan pengurangan lebar lajur efektif akibat faktor eksisting marka dari 7,5 meter menjadi 4,7 meter di kondisi lapangan yang disurvei. Sehingga terjadi penurunan kapasitas ruas jalan dari 3266,08 smp/jam menjadi 1373,57 smp/jam dan dengan nilai DS dari kinerja jalan 0,66 untuk keadaan jalan di kondisi lapangan dan 0,28 untuk keadaan faktor eksisting terjadi penurunan signifikan sebesar 57,5%. Untuk tingkat pelayanan trotoar menggunakan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.03/PRT/M/201 hal yang dianalisa voume pejalan kaki dan kecepatan pejalan kaki, diperoleh volume pejalan kaki terbesar di segmen 3 (± 59,39 m dari titik selatan F) sebesar 616 ped/15mnt pada pukul 16.15- 16.30. Tingkat pelayanan trotoar yang didapat ditinjau dari laju arus pejalan kaki adalah Tingkat Pelayanan A, yang artinya pejalan kaki dapat berjalan bebas tanpa ada gangguan antar pejalan kaki. Kata Kunci: Kinerja Jalan, Tingkat Pelayanan Trotoar, Kecepatan, Derajat Kejenuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TITI KURNIATI, MT
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Jul 2018 15:33
Last Modified: 25 Jul 2018 15:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36078

Actions (login required)

View Item View Item