Dwi, Utari (2018) Pemodelan Multinomial Logit Untuk Pemilihan Moda ke Bandara Internasional Minangkabau Dengan Teknik Stated Preference. Diploma thesis, Universitas Andalah.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (103kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kota Padang merupakan kota yang menjadi pusat pergerakan di Sumatera Barat, dibuktikan dengan terdapatnya sebuah bandara internasional yakni Bandara Internasional Minangkabau, dan untuk mengaksesnya moda transportasi yang tersedia adalah mobil pribadi, taksi, dan bus. Dan saat ini terdapat moda transportasi baru, yakni kereta api bandara. Dengan adanya moda transportasi baru ini nantinya akan timbul kompetisi dalam pemilihan moda yang mana akan berkaitan dengan kondisi, karakteristik dan kelebihan dari moda yang ada. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pelaku perjalanan dalam pemilihan moda, yang kemudian dapat membuat model pemilihan moda, dan analisa sensitifitas model. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan perpaduan dua metode dasar, yaitu survey kuisioner (questionare survey) dan survey wawancara (interview survey). Formulir kuisioner langsung dibawa oleh surveior kepada setiap responden. Jumlah sampel untuk penelitian ini adalah 200 responden.Data skripsi ini didapat dengan penyebaran kuisioner terhadap responden pengguna bandara internasional minangkabau dengan metoda stated reference dan pengolahan data regresi multinomial menggunakan aplikasi SPSS. Setelah dilalukukan uji fit model, uji pengaruh model, uji T, dan uji R2 didapatkan beberapa model pemilihan moda yaitu, model pemilihan moda kereta api Y=-4.380+13.491(X1)-20.105(X2), model pemilihan moda mobil Y=0.971+0.6(X1)+1.493(X2), model pemilihan moda bus Y+-1.198+5.127(X1)-5.296(X2). Dimana X1 adalah waktu perjalanan moda dan X2 adalah biaya perjalanan moda. Dan dilakukan uji sensitivitas model dengan merubah nilai variabel didapatkan bahwa nilai variabel sangat berpengaruh terhadap pemilihan moda. Kata kunci : Bandara Internasional Minang Kabau (BIM), pemilihan moda, teknik stated preference, analisa sensitivitas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Purnawan, Ph.D |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 10:24 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 10:24 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35994 |
Actions (login required)
View Item |