HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN PERAWATAN DIRI PASIEN SKIZOFRENIA DI POLI RAWAT JALAN RSJ PROF. HB SAANIN PADANG

Qorry, Aulia Yudha (2018) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN PERAWATAN DIRI PASIEN SKIZOFRENIA DI POLI RAWAT JALAN RSJ PROF. HB SAANIN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
2 Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Penutup)
3 BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
4 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5 Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)

Abstract

Salah satu jenis gangguan jiwa psikosa fungsional yang banyak diderita adalah skizofrenia. Pasien skizofrenia mengalami perubahan proses pikir yang mengakibatkan kemunduran dalam berbagai aspek. Salah satunya pasien skizofrenia akan mengalami hambatan dalam melakukan perawatan diri secara mandiri. Sehingga masih ditemukan tingkat kemandirian pasien skizofrenia yang berada pada rentang sedang hingga berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik individu dengan tingkat kemandirian perawatan diri pada pasien skizofrenia. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan jenis kelamin (p=0.011), pendidikan (p=0.007), dan status kawin (p=0.045), dengan tingkat kemandirian perawatan diri. Dan tidak ada hubungan antara usia (p=0.465), dan status pekerjaan (p=0.083) dengan tingkat kemandirian perawatan diri. Sesuai hasil penelitian ini diharapkan kepada petugas pelayanan kesehatan untuk memberikan konseling kepada pasien dan keluarga yang dapat memotivasi pasien dan keluarga dan meningkatkan kemampuan pasien dalam perawatan diri. Kata Kunci : Karakteristik Individu, Kemandirian, Perawatan Diri, Skizofrenia Daftar Pustaka : 39 (1997-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Sarfika, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Jul 2018 15:48
Last Modified: 23 Jul 2018 15:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35631

Actions (login required)

View Item View Item