Analisis Perilaku Konsumen terhadap Dadih di Pasar Tradisional Sumatera Barat

Mona, Shinta Ovelia (2018) Analisis Perilaku Konsumen terhadap Dadih di Pasar Tradisional Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover&abstrak)
1cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab1)
bab1.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab5)
bab5.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img] Text (skripsi full texs)
skripsi fulltexs.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Karakteristik konsumen dan karakteristik pembelian dadih di pasar tradisional Sumatera Barat 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengkonsumsi dadih di pasar tradisional Sumatera Barat 3) Preferensi konsumen terhadap dadih di pasar tradisional Sumatera Barat. Penelitian dilakukan di pasar tradisional Sumatera Barat yaitu di pasar tradisional Kota Padang, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh dan Kota Batusangkar pada tanggal 26 Februari sampai 12 April 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis konjoin. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh karakteristik konsumen dadih, 65% berjenis kelamin laki-laki, 71% berusia 46-65 dan 57% menamatkan pendidikan SMA sederajat. Dari segi pekerjaan 67% memiliki pekerjaan sebagai wiraswasta dan berpendapatan 1.500.00-2.500.000 rupiah perbulan sebanyak 40%. Karateristik pembelian dadih diperoleh 58% frekuensi pembelian dadih sebanyak 1 minggu sekali dan 71% jumlah pembelian dadih sebanyak 1 tabung. Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dadih adalah faktor psikologi dengan nilai 51,24%. Produk dadih yang disukai oleh responden menurut nilai utilitas dari setiap level pada atribut adalah: warna putih bersih (0,360), rasa kurang asam (0,154), aroma normal/idealnya aroma susu (0,290), tekstur kental (0,225), harga dadih sedang (0,444), kemasan ukuran pendek (0,323) dan kasiat dadih sebagai gizi (0,471). Atribut yang paling penting menurut responden dalam memilih suatu produk dadih adalah atribut khasiat dengan nilai relative importance sebesar 22,66%. Preferensi ini berdasarkan hasil analisis konjoin. Kata Kunci: Dadih, Perilaku Konsumen, Analisis Konjoin

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. H. James Hellyward, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 23 Jul 2018 12:20
Last Modified: 23 Jul 2018 12:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35582

Actions (login required)

View Item View Item