EVALUASI KUALITAS PENYELENGGARAAN PELATIHAN (Studi Kasus Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pengelola Hutan Kemasyarakatan dan Hutan Nagari di Sumatera Barat)

ERNA, JUWITA (2018) EVALUASI KUALITAS PENYELENGGARAAN PELATIHAN (Studi Kasus Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pengelola Hutan Kemasyarakatan dan Hutan Nagari di Sumatera Barat). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IPENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Updated Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sebuah pelatihan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kinerja, dan perilaku individu, kelompok maupun organisasi.Oleh karena itu, penyelenggaraan pelatihan harus dirancang sedemikian rupa agar benar-benar memberikan manfaat sesuai dengan tujuan pelaksanaannya.Penelitian ini bertujuan: 1) mengevaluasi penyelenggaraan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pengelola Hutan Kemasyarakatan dan Hutan Nagari di Sumatera Barat dan 2) mengukur kualitas penyelenggaraan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pengelola Hutan Kemasyarakatan dan Hutan Nagari di Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah metode gabungan.Responden pada penelitian ini adalah pengelola Hutan Kemasyarakatan/Hutan Nagari yang tersebar di Provinsi Sumatera Barat yang berjumlah 40 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, serta studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengevaluasi pelatihan dapat dilihat dari aspek antara lain: 1) Aspek Perencanaan yang meliputi: identifikasi kebutuhan pelatihan, merumuskan sasaran/tujuan pelatihan, dan mempersiapkan materi, 2) Aspek Pelaksanaan yang meliputi: memilih dan melaksanakan metode, memilih dan menentukan teknik pelatihan, 3) Aspek Evaluasi yang meliputi: reaksi dan pembelajaran. Penyelenggaraan pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia pengelola Hutan Kemasyarakatan/Hutan Nagari di Sumatera Barat sangat berkualitas dengan presentase 87,5%. Kata Kunci: evaluasi pelatihan, kualitas pelatihan

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Henmaidi, S.T M. Eng
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu penyuluhan
Date Deposited: 25 Jul 2018 15:41
Last Modified: 25 Jul 2018 15:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35579

Actions (login required)

View Item View Item