Pengaruh Terapi Suportif Kelompok Terhadap Masalah Mental Emosional Remaja Di SMK Swasta Se - Kota Padang Panjang Tahun 2018

Ainil, Fitri (2018) Pengaruh Terapi Suportif Kelompok Terhadap Masalah Mental Emosional Remaja Di SMK Swasta Se - Kota Padang Panjang Tahun 2018. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img] Text (Tesis Fulltext)
Tesis fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah mental emosional pada remaja jika tidak diatasi sejak dini dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi suportif kelompok terhadap masalah mental emosional remaja. Penelitian dilakukan di SMK Swasta Padang Panjang. Desain penelitian berupa Quasy Experimental Pre-Post Test With Control Group, sampel berjumlah 108 remaja, dengan teknik total sampling. Terdapat 54 responden pada kelompok intervensi dan 54 responden pada kelompok kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner SDQ (Strengths and Difficulties Questionnaire), modul, buku kerja, dan buku evaluasi terapi suportif kelompok. Uji statistik yang digunakan yaitu uji t independent. Hasil penelitian didapatkan rentang masalah mental emosional remaja pada kelompok intervensi sebelum pemberian terapi yaitu mean: 17.00, SD: 4.987, nilai min – max: 6 – 31. Setelah pemberian terapi didapatkan mean: 13.3,SD: 5.054, nilai min – max: 2 – 25. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara rentang masalah mental emosional setelah diberi terapi suportif kelompok. Saran dari penelitian ini adalah menerapkan terapi suportif kelompok sebagai salah satu terapi untuk mengatasi masalah mental emosional yang dialami remaja. Kata Kunci : Terapi Suportif Kelompok, Masalah Mental Emosional, Remaja Daftar Pustaka : 64 (2011 – 2018)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 20 Jul 2018 15:25
Last Modified: 20 Jul 2018 15:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35473

Actions (login required)

View Item View Item