ANALISIS DETERMINAN PENDOKUMENTASIAN CLINICAL PATHWAY (CP) OLEH PERAWAT DI RUMAH SAKIT ERNALDI BAHAR PROVINSI SUMATERA SELATAN

Rianita, Citra Tri Sartika (2018) ANALISIS DETERMINAN PENDOKUMENTASIAN CLINICAL PATHWAY (CP) OLEH PERAWAT DI RUMAH SAKIT ERNALDI BAHAR PROVINSI SUMATERA SELATAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
1. Cover dan Abstrak oke.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. Bab I.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan)
3. Bab 7.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
[img] Text (Tugas akhir ilmiah utuh)
5. Tesis Full.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Clinical Pathway (CP) merupakan salah satu sarana pengintegrasian pelayanan kesehatan. Clinical Pathway sangatlah penting untuk diterapkan dalam salah satu upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit. Di rumah sakit Ernaldi Bahar didapatkan kelengkapan dokumentasi CP yang dilakukan perawat masih cenderung kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor determinan dalam pendokumentasian CP yang dilakukan oleh perawat pelaksana di RS Ernaldi Bahar. Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 30 perawat pelaksana yang ditentukan dengan menggunakan tehnik total sampling. Sumber data adalah perawat pelaksana dan dokumen pasien di ruang rawat inap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan perawat terkait dengan penerapan dan pendokumentasian CP baik, sedangkan sikap dan lingkungan kerja hanya sebagian yang baik. Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak ada hubungan antara pengetahuan, keterampilan, lingkungan kerja dengan kelengkapan pendokumentasian CP oleh perawat (p value : 0,648/0,781/0,749). Sikap perawat sangat mempengaruhi kinerja perawat dalam pendokumentasian CP, perawat yang bersikap positif akan mendokumentasikan dengan baik dan sebaliknya perawat yang bersikap negatif akan cenderung tidak mendokumentasikan dengan baik (p value : 0,003). Disarankan kepada pihak manajemen untuk meningkatkan supervisi dan fasilitas agar dapat meningkatkan kinerja perawat. Supervisi dilakukan terhadap kelengkapan harian dokumen CP oleh perawat. Supervisi dapat menjadi dasar pemberian reward ataupun punishment serta peningkatan kinerja perawat dalam pendokumentasian di ruang rawat inap. Kata Kunci : Clinical Pathway (CP), Perawat Pelaksana, Pendokumentasian Daftar Pustaka : 90 (2002-2017)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: HEMA MALINI, S.Kp, MN, PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 20 Jul 2018 11:26
Last Modified: 20 Jul 2018 11:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35413

Actions (login required)

View Item View Item