HUBUNGAN PERAN SUPERVISING DAN MENTORING KEPALA RUANGAN DENGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH PALEMBANG

Muhamad, Andika Sasmita Saputra (2018) HUBUNGAN PERAN SUPERVISING DAN MENTORING KEPALA RUANGAN DENGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Muhamad Andika SP - Tesis Repositori 1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
Muhamad Andika SP - Tesis Repositori 2.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Punutup (Kesimpulan dan Saran))
Muhamad Andika SP - Tesis Repositori 3.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Muhamad Andika SP - Tesis Repositori 4.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Muhamad Andika SP - Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Ketidakpatuhan perawat dalam mendokumentasikan asuhan keperawatan masih menjadi masalah di berbagai rumah sakit di Indonesia termasuk Palembang, yang berdampak terhadap kualitas pelayanan keperawatan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran supervising dan mentoring kepala ruangan dengan kepatuhan perawat dalam melaksanakan pendokumentasian asuhan keperawatan di rumah sakit muhammadiyah palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional, jumlah sampel 63 perawat pelaksana. Tekhnik pengambilan sampel proportionate random sampling. Analisis data univariat variabel independen menggunakan mean selanjutnya dikategorikan. Variabel dependen dianalisis mengunakan standar 80%. Analisis bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitian memperlihatkan; karakteristik perawat pelaksana proporsi terbanyak usia <35 tahun, berjenis kelamin perempuan; berpendidikan vokasional, lama kerja ≥2 tahun dan status pegawai tetap; hampir semua perawat pelaksana (98,41%) tidak patuh melaksanakan pendokumentasian asuhan keperawatan; lebih dari separuh perawat pelaksana mempersepsikan peran supervising kepala ruangan baik (61,90%) dan mempersepsikan peran mentoring kepala ruangan kurang baik (58,73%); tidak ada hubungan peran supervising dan mentoring dengan kepatuhan perawat dalam melaksanakan pendokumentasian asuhan keperawatan (p >0,05). Diharapkan peran mentoring kepala ruangan dapat dioptimalkan dengan memberikan kesempatan kepala ruangan untuk menambah pengetahuan terkait asuhan keperawatan melalui pelatihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. YULASTRI ARIF, S.Kp., M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 20 Jul 2018 11:23
Last Modified: 20 Jul 2018 11:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35371

Actions (login required)

View Item View Item