INDEKS kEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DIRUMAH SAKIT KUSTA DR RIVAI ABDULLAH SUMATRA SELATAN TAHUN 2018

Romliyadi, Romliyadi (2018) INDEKS kEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DIRUMAH SAKIT KUSTA DR RIVAI ABDULLAH SUMATRA SELATAN TAHUN 2018. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
cover+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
TESIS BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Teks)
TESIS COPER,DAFTAR TABEL,DLL ROMLIYADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan pasien masih menjadi permasalahan dilayanan kesehatan di Indonesia, banyaknya masyarakat yang menggunakan fasilitas pelayanan, namun pengguna pelayanan kesehatan tersebut tidak diimbangi oleh kesiapan fasilitas pemberi pelayanan kesehatan. BPJS kesehatan sebagai badan hukum yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan, selain BPJS kesehatan, fasilitas kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna dengan memperhatikan mutu pelayanan. Rumah Sakit dituntut senantiasa menjaga mutu pelayanan semestinya mendapatkan pelayanan sesuai dengan harapan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan pasien BPJS kesehatan di Rumah Sakit Kusta dr Rivai Abdullah. Desain penelitian ini menggunakan diskiptif kuantitatif. Sampel 300 pasien BPJS kesehatan di instalasi rawat jalan dan instalasi rawat inap dengann accidental sampling. Pengumpulan serta analisa, pengelolaan data mengunakasn kuisioner IKM yang dikeluarkan oleh Kemenpan tahun 2004. Hasil penelitian sebagian besar pasien yang berobat diusia dewasa awal,pendidikan SLTA dan berkerja wiraswasta. Hasil penelitian nilai mutu per unsur terdapat pada instalasi rawat jalan per ruanganyang dianggap pasien BPJS kesehatan dikategorikan kuarang baik seperti unsur kecepatan pelayanan dan unsur ketepatan jadwal waktu pelayanan dan rawat inap semua unsur pelayanan sudah baik. Hasil indeks kepuasan pasien BPJS kesehatan terhadap kinerja rumah sakit, pasien BPJS Kesehatan mengkategorikan B (Baik), hasil indeks kepuasan pasien rawat jalan dan rawat inap juga dikategorikan B (Baik). Saran meningkatkan pelayanan melalui pelatihan pelayanan prima, sarana kejelasan antrian, pengeras suara pada saat pemanggilan pasien serta kerja sama antara perawat dan dokter untuk datang dengan tepat waktu

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 19 Jul 2018 15:20
Last Modified: 19 Jul 2018 15:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35361

Actions (login required)

View Item View Item