Amiratul, Husna (2018) Pengaruh Edukasi Gizi dengan Metode Penyuluhan dan Permainan Puzzle terhadap Perubahan Perilaku Konsumsi Buah dan Sayur pada Siswa MTsN 1 Padang Tahun 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (68kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
skripsi Amiratul Husna Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Kurang konsumsi buah dan sayur pada remaja berdampak pada gangguan pertumbuhan, perkembangan serta meningkatnya resiko penyakit degeneratif pada usia lanjut. Salah satu penyebab masalah kurang konsumsi buah dan sayur pada remaja adalah kurangnya edukasi gizi tentang pentingnya konsumsi buah dan sayur. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi terhadap perubahan perilaku konsumsi buah dan sayur melalui metode penyuluhan dan permainan puzzle pada siswa MTsN 1 Padang Tahun 2018 Metode Penelitian quasy experimental menggunakan desain penelitian Pretest-Postest with control grup design ini dilakukan di MTsN 1 Padang. Sampel berjumlah 39 orang pada masing-masing kelompok intervensi dengan metode penyuluhan, metode permainan puzzle dan kelompok kontrol. Intervensi dilakukan sebanyak dua kali dalam rentang waktu dua minggu. Analisis dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dan perubahan skor pengetahuan, sikap dan tindakan dan sebelum (pretest) dan setelah (postest) edukasi gizi dengan metode penyuluhan dan permainan puzzle. Terdapat perubahan perilaku konsumsi buah dan sayur setelah edukasi gizi dengan metode penyuluhan dan permainan puzzle dengan p-value < 0,001. Metode permainan puzzle lebih efektif dibandingkan metode penyuluhan dilihat dari p-value < 0,001. Kesimpulan Pemberian edukasi gizi dengan metode penyuluhan dan permainan puzzle berpengaruh terhadap perubahan perilaku konsumsi buah dan sayur pada siswa MTsN 1 Padang. Edukasi gizi dengan metode permainan puzzle lebih efektif dibandingkan metode penyuluhan. Diharapkan adanya upaya pihak sekolah dan puskesmas untuk bekerja sama dalam pemberian edukasi gizi dengan metode permainan puzzle terutama tentang konsumsi buah dan sayur pada remaja. Daftar Pustaka : 48 (1998-2018) Kata Kunci : Penyuluhan, Permainan Puzzle, Buah dan sayur
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Idral Purnakarya, SKM, MKM |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 10:37 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 10:37 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35170 |
Actions (login required)
View Item |