PERBEDAAN PENGARUH FLIP CHART DAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN RETENSI INGATAN TENTANG PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA SISWA SD N 02 PERCONTOHAN BUKITTINGGI TAHUN 2018

Nikmatul, Khairi (2018) PERBEDAAN PENGARUH FLIP CHART DAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN RETENSI INGATAN TENTANG PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA SISWA SD N 02 PERCONTOHAN BUKITTINGGI TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Angka kejadian kekerasan seksual di Bukittinggi meningkat dalam dua tahun terakhir, dari 4 kasus (2016) menjadi 14 kasus (2017). Hal disebabkan karena kurangnya informasi dan pemahaman anak tentang kekerasan seksual. Oleh karena itu perlu diberikan pendidikan seks sedini mungkin agar anak terhindar dari tindakan kekerasan seksual. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh flip chart dan permainan ular tangga terhadap pengetahuan, sikap, dan retensi ingatan tentang pencegahan kekerasan seksual. Metode Jenis penelitian adalah quasi experimental dengan desain penelitian non equivalen control group design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas III, IV dan V sebanyak 273 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling dengan jumlah sampel 72 orang. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji paired sample t-test, independent t-test dan uji Anova. Hasil Analisis univariat menunjukkan terjadinya peningkatan skor rata-rata pengetahuan (2 dan 1,45) dan sikap (5,39 dan 2,89) sebelum dan setelah edukasi menggunakan flip chart dan permainan ular tangga. Analisis bivariat menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan, sikap, dan retensi ingatan sesudah edukasi menggunakan flip chart dan permainan ular tangga (p<0,05). Dilihat dari kenaikan skor rata-rata sebelum dan sesudah intervensi, media flip chart lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan retensi siswa tentang pencegahan kekerasan seksual. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna terhadap pengetahuan, sikap, dan retensi setelah intervensi. Disarankan dinas terkait agar dapat menggunakan flip chart sebagai media edukasi pencegahan kekerasan seksual, serta guru dan orang tua dapat memahami bahaya kekerasan seksual serta masyarakat dapat menjadi acuan pendidikan kesehatan untuk anak-anak. Kata Kunci : kekerasan seksual, pengetahuan, sikap, retensi, flip chart, ular tangga

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Isniati, SKM, MPH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 16 Jul 2018 11:35
Last Modified: 16 Jul 2018 11:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35089

Actions (login required)

View Item View Item