DETERMINAN KEIKUTSERTAAN IBU SEBAGAI AKSEPTOR METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG PASCA PERSALINAN (Studi Kasus di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan Kabupaten Dharmasraya)

sri, andar puji astuti (2018) DETERMINAN KEIKUTSERTAAN IBU SEBAGAI AKSEPTOR METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG PASCA PERSALINAN (Studi Kasus di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan Kabupaten Dharmasraya). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN; PP.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I LATAR BELAKANG.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VII KESIMPULAN SARAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Program keluarga berencana pasca persalinan merupakan tindakan yang efektif dan efisien untuk mengatur jarak kehamilan dan menghindarai kehamilan yang tidak diinginkan sebagai penyebab dari tingginya AKI dan AKB, sehingga setiap keluarga dapat merencanakan kehamilan yang aman dan sehat. RSUD Sungai Dareh merupakan satu-satunya FKTL di Kabupaten Dharmasraya dengan pengguna KB pasca persalinan dalam kondisi stagnan atau peningkatanya sangat lambat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang paling dominan berhubungan dengan keikutsertaan ibu KB MKJP pasca persalinan . Penelitian ini menggunakan disain cross sectional study, dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan September 2017 di RSUD Sungai Dareh. Populasi penelitian adalah seluruh ibu pasca bersalin. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sejumlah 99 orang. Analisis data menggunakan chi square dan regresi logistik. Hasil analisis bivariat diketahui bahwa faktor yang berhubungan antara lain : tingkat kemiskinan (p=0,019), jumlah anak yang masih hidup (p=0,024), status kesehatan (p=0,019), tingkat usia responden (p=0,044), tingkat pendidikan (p=0,027), tujuan menggunakan KB (p=0,003), dukungan suami (p=0,001) dan sikap (p=0,027). Sedangkan faktor yang tidak berhubungan adalah usia pertama menikah (p=0,147) dan tingkat pengetahuan responden (p=0,759). Analisis multivariate didapatkan tingkat dukungan suami merupakan faktor paling dominan (p=0,001, OR=19,591 (CI 95 % : 3,227 – 118,927). Disimpulkan bahwa dukungan suami sangat mempengaruhi keputusan istri dalam keikutsertaan KB MKJP pasca persalinan, disarankan kepada tenaga kesehatan lebih gencar melibatkan suami dalam memberikan penyuluhan pentingnya penggunaan metode kontrasepsi bagi kesehatan keluarga terutama MKJP pasca persalinan. Kata Kunci : Keikutsertaan, KB MKJP, pasca persalinan

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr Edison, MPH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Mrs Lokal Conten
Date Deposited: 23 Jan 2019 10:29
Last Modified: 23 Jan 2019 10:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34785

Actions (login required)

View Item View Item