PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE PENDATAAN KELUARGA PADA BIDANG DATA DAN INFORMASI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA KOTA PADANG

Fajri, Rizki Ramadhan (2018) PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE PENDATAAN KELUARGA PADA BIDANG DATA DAN INFORMASI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

BPMPKB (Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana) Kota Padang merupakan salah satu lembaga pemerintahan dan perpanjangan tangan dari BKKBN yang ada pada tingkat provinsi yang berfungsi untuk pelaksanaan kebijakan urusan wajib di bidang pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta keluarga berencana dan keluarga sejahtera. Salah satu kegiatan kerja yang ada di BPMPKB Kota Padang adalah pendataan Keluarga. Pendataan Keluarga merupakan kegiatan pengumpulan data primer tentang data kependudukan, data keluarga berencana, data pembangunan keluarga dan data anggota keluarga yang dilakukan oleh masyarakat bersama pemerintah (BKKBN) secara serentak pada waktu yang telah ditentukan dan selanjutnya akan dilakukan setiap 5 tahun sekali melalui kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah. Bidang data dan informasi bertugas mengambil data dari semua keluarga yang ada di Kota Padang dan memroses data tersebut untuk suatu tujuan. Pengarsipan data dan pengambilan data yang masih menggunakan kertas membuat kegiatan pendataan keluarga mejadi sulit karena kemungkinan kesalahan perolehan data dan tidak lengkapnya data yang diambil sangat sering terjadi. Solusi yang ditawarkan adalah dengan membangun sebuah aplikasi mobile untuk kegiatan pendataan keluarga pada Bidang Data dan Informasi BPMPKB Kota Padang. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa, merancang,membangun serta menguji aplikasi mobile pendataan keluarga pada Bidang Data dan Informasi BPMPKB Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pendahuluan, studi literatur dan pengembangan sistem. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall. Penelitian ini telah menghasilkan sebuah aplikasi mobile pendataan keluarga yang dapat diterapkan pada Bidang Data dan Informasi BPMPKB Kota Padang dengan tujuan kegiatan pendataan keluarga dapat berjalan dengan lebih optimal. Pengujian aplikasi dilakukan dengan metode black box testing. Hasil pengujian aplikasi menunjukkan bahwa semua fungsional yang ada sudah sesuai dengan sistem yang dibangun. Kata Kunci : BPMPKB, Pendataan Keluarga, Bidang Data dan Informasi, Aplikasi Mobile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Husnil Kamil, MT
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 18 May 2018 11:01
Last Modified: 18 May 2018 11:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34727

Actions (login required)

View Item View Item