IDENTIFIKASI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SERTA PERMASALAHAN KONSULTAN PENGAWAS DAN KONSULTAN MANAJEMEN KONSTRUKSI DI PROYEK KONSTRUKSI

MEGA, RAHMAWATI (2018) IDENTIFIKASI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SERTA PERMASALAHAN KONSULTAN PENGAWAS DAN KONSULTAN MANAJEMEN KONSTRUKSI DI PROYEK KONSTRUKSI. Other thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstract)
01 abstract.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I Mega Rahmawati.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB V Mega Rahmawati.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img] Text (TA Ilmiah Full)
TA ILMIAH MEGA RAHMAWATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya kegiatan pembangunan fisik di era globalisasi saat ini membuat banyak perusahaan jasa konstruksi seperti konsultan pengawas dan konsultan manajemen konstruksi di gunakan. Mereka bekerja secara profesional dengan mengawasi pekerjaan konstruksi dan memonitoring kemajuan dari pekerjaan. Tetapi pada kenyataan masih ada beberapa pelaksanaan konstruksi yang mengalami keterlambatan dan penyimpangan kualitas yang disebabkan oleh faktor eksternal dan faktor internal. Untuk itu perlu dilakukan identifikasi tugas dan tanggung jawab serta permasalahan konsultan pengawas dan konsultan manajemen konstruksi di proyek konstruksi. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui perbedaan antara tugas serta tanggung jawab konsultan pengawas dan konsultan manajemen konstruksi di lapangan dengan literatur. Dan untuk mengetahui perbandingan pola kerja antara konsultan pengawas dan konsultan manajemen konstruksi di lapangan. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi lapangan dan metode wawancara semiterstruktur. Objek penelitian dilakukan pada pembangunan gedung dengan masing-masing tiga perusahaan konsultan pengawas dan konsultan manajemen konstruksi. Pembahasan disajikan berupa studi kasus. Kesimpulan yang didapat berdasarkan semua data analisa dan pembahasan teridentifikasi tugas dan tanggung jawab konsultan pengawas dan konsultan manajemen konstruksi yang paling berbeda antara tiga perusahaan konsultan pengawas yaitu menyusun field-engineering untuk kondisi awal rekayasa lapangan, menyusun program kerja, mengawasi peralatan yang digunakan di laboratorium dan melakukan pengkajian hasil pekerjaan konsultan perencana. Sedangkan untuk tiga perusahaan konsultan manajemen konstruksi yaitu menyusun rancangan kontrak dan paket lelang, membantu owner dalam negoisasi, mengkaji paket pekerjaan, berperan dalam tahap penyusunan perencanaan, menerapkan rekayasa nilai, meneliti dan memproses progress payment. Kata Kunci : Globalisasi, Proyek Konstruksi, Konsultan Pengawas, Konsultan Manajemen Konstruksi, Wawancara Semiterstruktur.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: BENNY HIDAYAT, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 14 May 2018 17:30
Last Modified: 14 May 2018 17:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34495

Actions (login required)

View Item View Item