ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL OPERASIONL KERETA API BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU

RANNY, NURUL KAMARA (2018) ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL OPERASIONL KERETA API BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan masyarakat Sumatera Barat akan transportasi dewasa ini semakin meningkat, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah penumpang di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yakni mencapai 3,1 juta penumpang. Kemudian diadakanlah sebuah moda transportasi massal baru yakni kereta api bandara yang bernama Minangkabau Ekspress.Pengadaan kereta api tersebut membutuhkan biaya yang besar sehingga perlu ditinjau apakah manfaat dan pendapatan yang dihasilkan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Tujuan akhir penelitian ini adalah melakukan analisis kelayakan operasional kereta api dari segi finansial, dan nantinya bermanfaat sebagai bahan pertimbangan pihak terkait dalam mengambil keputusan. Penelitian ini menganalisis biaya pengadaan, operasional, dan perawatan kereta api, serta pendapatan yang diperoleh nantinya dengan menggunakan metoda Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period (PP) dan kemudian dilakukan analisis sensitifitas untuk mengetahui jika nantinya terdapat beberapa perubahan. Hasil perhitungan kelayakan pada penelitian ini dengan menggunakan metoda NPV sebesar Rp.(116,021,481,424) dengan tingkat suku bunga Bank Indonesia sebesar 4,25%, dengan metoda BCR sebesar 0,91 , dan dengan metoda IRR sebesar 2,656%. Payback Period dari perhitungan adalah 30 tahun. Dan berdasarkan ketiga metoda kereta api belum memenuhi syarat untuk uji kelayakan. Kata kunci: Kereta Api Bandara, BIM, Analisis Kelayakan, Indikator Kelayakan Investasi, Analisis Sensitifitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: PURNAWAN, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 14 May 2018 11:42
Last Modified: 14 May 2018 11:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34401

Actions (login required)

View Item View Item