PENEGAKAN HUKUM TERHADAP UNDANG-UNDANG NO. 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DALAM UPAYA PEMBERANTASAN KASET CD/VCD BAJAKAN OLEH KEPOLISIAN RESORT KOTA PARIAMAN

hakim, alfurqanul hakim (2018) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP UNDANG-UNDANG NO. 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DALAM UPAYA PEMBERANTASAN KASET CD/VCD BAJAKAN OLEH KEPOLISIAN RESORT KOTA PARIAMAN. Other thesis, universitas anadalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstack)
0. cover skripsi dan abstrack.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
bab akhir.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI ALFURQANUL HAKIM 1210112156.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendistibusian hasil pembajakan hak kekayaan intelektual di bidang hak cipta di kota pariaman cukup memperhatinkan, terutama pembajakan atas karya cipta di bidang musik. Pembajakan atas karya cipta musik ini dilakukan lewat berbagai media, baik itu berupa kaset, CD, VCD, DVD, MP3, dan sebagainya. Ini terlihat pada pasar-pasar tradisional di kota pariaman, Namun seperti tidak adanya upaya yang dilakukan oleh pihak kepolisian resort pariaman, dilapangan masih di temukan pedagang pedagang nakal yang masih menjajakan barang bajakan tersebut, namun di kepolisian resort kota pariaman tidak pernah adanya data mengernai kasus pembajakan CD/DVD tersebut, biasanya pelaksanaan penyelidikan dan penyidikan terhadap peredaran CD/VCD bajakan ini dilakukan melalui razia dan atas aduan dari pihak yang dirugikan oleh Polresta Pariaman. Dari latar belakang tersebut penulis menuliskan rumusan permasalahan yang hendak diteliti antara lain : Pertama, bagaimana Penegakan undang-undang nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta dalm pemberantasan CD/DVD bajakan di kota pariaman? Kedua, apa kendala-kendala yang dihadapi oleh kepolisian resort kota dalam pemberantasan kaset, CD/DVD di kota Pariaman? Dalam penulisan skripsi ini penelitian yang dilakukan adalah penelitian yuridis sosiologis. Data yang dikumpulkan berasal dari bahan-bahan primer atau memperoleh data langsung dari lapangan dan bahan sekunder atau berdasarkan pendapat-pendapat ahli dan para sarjana. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa : penegakan undang-undang nomor 28 tahuh 28 tentang hak cipta telah di tegakkan oleh kepolisian resort kota pariaman, dengan tidak melakukan apa-apa, karena tidak adanya aduan dari pihak yang dirugikan, walaupun pembajakan kaset CD/DVD di kota pariaman masih menjamur, kepolisian resort kota periaman tidak dapat melakukan penyelidikan tanpa adanya aduan dari pihak yang di rugikan, karena perubahan dari undang-undang nomor 19 tahun 2002 kepada undang-undang nomor 28 tahun 2014 merubah delik ini dari delik biasa kepada delik aduan. Kendala-kendala yang dihadapi oleh kepolisian resort kota pariaman ada beberapa faktor, yaitu : faktor tidak adanya aduan dari pihak yang di rugikan, faktor budaya masyarakat yang lebih memilih barang bajakan tersebut, karena harganya jauh lebih murah dari pada CD/VCD original/asli, sehingga peredaran CD/VCD bajakan ini sulit untuk diberantas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 14 May 2018 12:46
Last Modified: 14 May 2018 12:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34382

Actions (login required)

View Item View Item