Rancang Bangun Dashboard Transaksi pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang dengan Menggunakan Aplikasi Microsoft Power BI

Oci, Ovelina (2018) Rancang Bangun Dashboard Transaksi pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang dengan Menggunakan Aplikasi Microsoft Power BI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
TUGAS AKHIR (sudah watermark).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang saat ini menggunakan database untuk mengelola data transaksi. Dalam database ini sudah terdapat berbagai data transaksi seperti data pelanggan dan data transaksi yang lainnya. Transaksi yang ada pada PDAM terdiri dari banyak data mencapai lima juta lebih data dalam kurun waktu 4.5 tahun dan data tersebut belum dapat dimanfaatkan oleh pihak PDAM untuk pengambilan keputusan yang strategis. Oleh karena itu, diperlukan tools berupa grafik sebagai penyaji informasi secara visual yang berguna untuk memantau informasi data transaksi pelanggan dari tahun ke tahun dengan mudah. Metode yang digunakan adalah dengan menerapkan metode Roadmap BI. Roadmap BI digunakan sebagai landasan dalam pelaksanaan penelitian yang dimulai dari identifikasi permasalahan yang akan dipilih, fase perencanaan, fase analisis, fase desain data warehouse dan ETL dengan menggunakan aplikasi Pentaho Data Integration (PDI) dan fase penerapan dengan menerapkan aplikasi Microsoft Power BI. Hasil yang diperoleh dari penerapan aplikasi Microsoft Power BI ini adalah dashboard telah dibangun dan diterapkan dengan baik dari aspek tampilan, penggunaan, dan akurasi informasi serta dashboard ini sangat user friendly. Dashboard menyajikan informasi pelanggan dan pendapatan seperti total pelanggan keseluruhan, total pelanggan aktif, total pendapatan, total denda dan informasi tanggal transaksi. Kata Kunci: Data Warehouse, Perusahaan Daerah Air Minum Kota Padang, Dashboard.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Husnil Kamil, MT
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 15 May 2018 12:25
Last Modified: 15 May 2018 12:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34282

Actions (login required)

View Item View Item