AZIZATUL, AULIYA (2018) PERANCANGAN PEMODELAN SIMULASI PENJADWALAN BUS TRANS PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (118kB) | Preview |
|
Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Transportasi umum merupakan transportasi alternatif di dalam kota, terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki kendaraan pribadi, sehingga kebutuhan akan sarana dan prasarana ini sangat diperlukan di wilayah perkotaan. Bus Rapid Transit (BRT) atau busway merupakan bus dengan kualitas tinggi yang berbasis sistem transit yang cepat, nyaman, dan biaya murah untuk mobilitas perkotaan. Bus Rapid Transit (BRT) yang ada di kota Padang yang disebut Bus Trans Padang telah mengoperasikan 15 bus untuk koridor I dengan panjang rute perjalanan 39 km pulang-pergi yaitu dari Lubuk Buaya – Imam Bonjol dengan kapasitas tersedia untuk 40 orang penumpang dengan rincian penumpang dengan tempat duduk sebanyak 20 kursi dan 20 kapasitas berdiri. Salah satu parameter yang menentukan kinerja transportasi umum yaitu load factor yang merupakan perbandingan antara kapasitas penumpang di dalam bus dan kapasitas yang tersedia untuk satu perjalanan. Pada saat ini jumlah penumpang yang menaiki Bus Trans Padang melebihi kapasitas penumpang yang tersedia sehingga menyebabkan load factor Bus Trans Padang bisa mencapai 170%, sehingga kinerja Bus Trans Padang pada saat ini masih belum baik. Peningkatan kinerja pengoperasian angkutan umum dapat dilakukan dengan perancangan ulang penjadwalan pengoperasian Bus Trans Padang dengan menggunakan pemodelan simulasi. Penggunaan penodelam simulasi pada penelitian ini karena variable input yang digunakan merupakan variabel acak atau bersifat probabilistik. Perancangan pemodelan simulasi dilakukan dengan melakukan pengumpulan data dan informasi, pengkonstruksian model simulasi, verifikasi dan validasi model simulasi, perancangan dan pengadaan percobaan simulasi, analisis keluaran (output) simulasi, dan rekomendasi akhir. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil rancangan penjadwalan Bus Trans Padang yang lebih baik daripada penjadwalan pada sebelumnya yang ditentukan oleh nilai load factor sebesar 107,5%. Pada rancangan penjadwalan tersebut jumlah bus Trans Padang yang dioperasikan sebanyak 18 unit, dan melakukan perjalanan sebanyak 15 rit perjalanan dengan waktu antar keberangkatan bus selama 5 dan 10 menit Kata Kunci: Bus rapid transit, pemodelan simulasi, simulasi komputer
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Difana Meilani, MISD |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 14 May 2018 09:40 |
Last Modified: | 14 May 2018 09:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34175 |
Actions (login required)
View Item |