DESAIN STRUKTUR PENYERAP ENERGI TUMBUKAN CRASH BOX PADA KENDARAAN

ZAKY, DARIS BAMINDO (2018) DESAIN STRUKTUR PENYERAP ENERGI TUMBUKAN CRASH BOX PADA KENDARAAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN SARI)
SARI KOVER.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text (TA FULL)
TA_ZAKYDARISBAMINDO_1310911049.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu masalah yang perlu mendapatkan perhatian lebih besar. Sebagian besar kecelakaan yang terjadi adalah kecelakaan pada kendaraan seperti mobil dan kereta api. Oleh karena itu, diperlukan sistem pelindung pada mobil dan kereta api yang berfungsi menyerap energi tabrakan supaya dapat mengurasi resiko yang diakibatkan selama tabrakan terjadi. Salah satu sistem yang dapat menyerap energi adalah crash box. Crash box akan menyerap energi tabrakan melalui proses deformasi berupa lipatan lipatan plastis yang berurutan atau disebut juga dengan progressive buckling. Pada tugas akhir ini, dilakukan kajian pada crash box berdinding tipis berpenampang segiempat yang diberi beban aksial. Crash box diberi variasi trigger dan luas penampang untuk mendapatkan bentuk crash box yang mampu menyerap energi tumbukan paling maksimum pada saat terjadi benturan. Tujuan tugas akhir ini adalah mengevaluasi efek pemberian variasi trigger terhadap karakteristik tumbukan yang terjadi. Analisis perhitungan kekuatan maksimum struktur dilakukan dengan menggunakan program komputasi berbasiskan metode elemen hingga. Hasil simulasi dari pemodelan beberapa variasi crash box memperlihatkan bahwa nilai kekuatan maksimum dan energi serapan tertinggi terdapat pada variasi trigger model 3 bentuk U dengan luas penampang dengan variasi (D/t=100) karena semakin besar luas penampangnya maka serapan energi terhadap tumbukan juga semakin tinggi. Kata kunci: Crash box; Tabung berdinding tipis berpenampang segiempat; Trigger; Metode Elemen Hingga

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Eka Satria
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 12 May 2018 11:17
Last Modified: 12 May 2018 11:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34111

Actions (login required)

View Item View Item