Analisis Pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan Kerja pada Karyawan di PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai Tahun 2018

Cahyati, Febriana (2018) Analisis Pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan Kerja pada Karyawan di PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai Tahun 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Perusahaan wajib mengadakan pemeriksaan kesehatan baik awal, berkala, maupun khusus serta menyediakan fasilitas kesehatan bagi tenaga kerja. Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan pada tahun 2017 di PT Pertamina (Persero) RU II Dumai masih ditemukan sebanyak 3,6% karyawan yang tidak melakukan pemeriksaan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pemeriksaan kesehatan kesehatan kerja pada karyawan di PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai tahun 2017. Metode Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari hingga sampai April 2018. Teknik penentuan informan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Pengolahan data dengan mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan analisa data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil Berdasarkan dari hasil penelitian didapatkan informasi bahwa komponen input telah terlaksana dengan baik. Sedangkan untuk komponen proses yang berkaitan dengan pelaksanaan pemeriksaan berkala dan khusus, ditemukan ada pekerja mengikuti pemeriksaan diluar jadwal yang telah ditentukan dan ada yang tidak mengikuti pemeriksaan kesehatan, Output-nya adalah telah terlaksana pemeriksaan kesehatan kesehatan kerja pada karyawan dengan baik di perusahaan. Kesimpulan Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan kesehatan kerja di PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai sudah baik, namun masih ditemukan pekerja yang tidak mengikuti pemeriksaan kesehatan. Disarankan kepada PT Pertamina (Persero) RU II Dumai menanamkan kembali komitmen kepada pekerja untuk menjalankan kewajibannya melakukan pemeriksaan kesehatan serta memberikan reward kepada pekerja yang rutin melakukan pemeriksaan. Kata kunci : Pemeriksaan Kesehatan Kerja, Pelayanan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Nopriadi, SKM, M.Kes
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 11 May 2018 10:30
Last Modified: 11 May 2018 10:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33880

Actions (login required)

View Item View Item