ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN JANJI KAMPANYE ANIES-SANDI SEBELUM DAN SESUDAH PILGUB DKI JAKARTA 2017 DI KOMPAS.COM (Analisis Framing Model Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki)

Lidya, Prima Helyadi (2018) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN JANJI KAMPANYE ANIES-SANDI SEBELUM DAN SESUDAH PILGUB DKI JAKARTA 2017 DI KOMPAS.COM (Analisis Framing Model Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Skripsi bismillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jakarta merupakan pusat negara yang berstatus sebagai Ibu kota Republik Indonesia, hal itu menjadikan Jakarta sebagai acuan bagi daerah lain dalam bidang apapun, apalagi menyangkut Pemilihan Kepala Daerah. Pada pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta tahun 2017 yang sudah selesai dilaksanakan pada tanggal 19 April 2017. KPU DKI Jakarta menetapkan Anies dan Sandi sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Pilgub 2017 yang ditetapkan pada tanggal 5 Mei 2017. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait pembingkaian pemberitaan janji kampanye Anies-Sandi sebelum dan sesudah Pilgub DKI Jakarta 2017 di media online kompas.com. Tujuan penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui cara kompas.com membingkai janji kampanye Anies-Sandi sebelum dan sesudah Pilgub DKI Jakarta 2017 di kompas.com. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan analisis framing model framing Pan Kosicki dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian ini disimpulkan berdasarkan empat perangkat model Pan Kosicki dan Gerald M. Kosicki bahwa terdapat perbedaan pembingkain yang dilakukan kompas.com terkait janji kampanye Anies-Sandi pada sebelum dan sesudah Pilgub DKI Jakarta. Sebelum Pilgub pembingkaian lebih menojolkan penilaian yang buruk, sedangkan sesudah Pilgub lebih dimaknai secara positif oleh Kompas.com. Kata kunci: Framing, Pilgub DKI Jakarta, Janji Kampanye, Anies-Sandi, Media Online

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 11 May 2018 12:19
Last Modified: 11 May 2018 12:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33853

Actions (login required)

View Item View Item