Sikap Media Massa Terhadap Pasangan Calon Gubernur di Sumatera Barat Selama Masa Kampanye (Analisis Isi Berita Pasangan Calon Gubernur di Sumatera Barat di Harian Umum Haluan, Padang Ekspres dan Harian Umum Singgalang) Periode 27 Agustus-5 Desember Tahun 2015.

Deni, Hendrizal (2018) Sikap Media Massa Terhadap Pasangan Calon Gubernur di Sumatera Barat Selama Masa Kampanye (Analisis Isi Berita Pasangan Calon Gubernur di Sumatera Barat di Harian Umum Haluan, Padang Ekspres dan Harian Umum Singgalang) Periode 27 Agustus-5 Desember Tahun 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
2 . BAB I.pdf - Published Version

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab VI ( Kesimpulan dan Saran))
3. BAB VI.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
GABUNGAN LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai sikap media massa tentang kandidat gubernur dan wakil gubernur selama masa kampanye Pilkada lansung di Sumatera Barat tahun 2015, dalam upaya mewujudkan netralitas media massa dalam menyampaikan berita kepada masyarakat yang berhubungan dengan Pilkada. Fenomena yang terjadi adalah kurang netralnya media massa dalam menyampaikan berita terhadap kedua pasangan calon kepala daerah di Sumatera Barat. Sehingga ada media yang memberitakan salah satu pasangan calon lebih dominan dari pada calon yang lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kecendrungan sikap media massa Haluan, Singgalang dan Padang Ekspres terhadap kandidat gubernur selama masa kampanye. Penelitian ini menggunakan beberapa konsep sebagai kerangka pikir awal, diantaranya konsep komunikasi politik, pemilihan kepala daerah lansung, media massa, sikap ideal media massa dan analisis isi. Tipe dan pendekatan penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, tipe deskriptif dengan jenis penelitian analisis isi. Teknik pengumpulan data adalah mengumpulkan data yang diperoleh dari arsip yang ada di kantor ketiga media massa. Pemilihan berita dan isi berita yang akan dianalisis adalah berita yang sesuai dengan kategorisasi yang telah ditentukan oleh peneliti setelah menyesuaikan dengan konsep yang digunakan. Isi berita yang dianalisisbertujuan menentukan sikap netral, positif dan negatif suatu berita untuk mengetahui sikap media massa selama masa kampanye Pilkada di Sumatra Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari tiga media massa tersebut, Harian Umum Haluan memihak kepada pasangan calon Muslim Kasim-Fauzi Bahar. Sedangkan Padang Ekspres dan Harian Umum Singgalang tidak memperlihatkan untuk berpihak terhadap salah satu pasangan calon, Padang Ekspres dan HU Singgalang lebih banyak memberitakan berita yang bersikap positif daripada yang bersikap negatif maupun netral terhadap kedua pasangan calon. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari ketiga surat kabar harian yang diteliti dalam penelitian ini, dua surat kabar bersikap netral terhadap kedua pasangan calon, sedangkan satu surat kabar bersikap tidak netral, karena menunjukkan keberpihakkan terhadap salah satu pasangan calon. Kata Kunci : Pilkada lansung, Komunikasi Politik, Sikap Ideal Media Massa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yuliandre Darwis, Ph.D
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 11 May 2018 15:43
Last Modified: 11 May 2018 15:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33766

Actions (login required)

View Item View Item