ANALISIS HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN INSTALASI RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD. DR. RASIDIN PADANG TAHUN 2017

Siti, Khadijah Al-Madany (2018) ANALISIS HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN INSTALASI RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD. DR. RASIDIN PADANG TAHUN 2017. UNIVERSITAS ANDALAS. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan dan saran)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Setiap rumah sakit berupaya memberikan kualitas pelayanan yang baik untuk mencapai kepuasan pasien namun kenyataannya masih banyak pelayanan yang memerlukan waktu tunggu yang lama dan menimbulkan ketidakpuasan bagi pasien. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran hubungan antara waktu tunggu pelayanan diinstalasi rawat jalan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Rsud. Dr. Rasidin padang. Penelitian ini mulai dilaksanakan november-desember 2017 diinstalasi rawat jalan di Rsud. Dr. Rasidin padang tahun 2017. Desain penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah pasien rawat jalan sebanyak 64 orang dengan teknik porposive samping. Hasil uji statistik dengan chi square diperoleh p value 0.039 pada rekam medik 0.048 pada poliklinik, dan 0.003 pada apotik (<0.05), menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara waktu tunggu pelayanan diinstalasi rawat jalan dengan kepuasan pasien rawat jalan, lebih dari separuh waktu tunggu rekam medik kategori lambat (>10 menit) sebanyak 40 pasien (60.9%), lebih dari separuh waktu tunggu poliklinik kategori lambat (>60 menit) sebanyak 34 orang (53.1%), hampir separuh waktu tunggu apotik kategori lambat (>60 menit) sebanyak 30 orang (46.9%). Lebih dari separuh pasien sebanyak 37 pasien (57.8%) merasa tidakpuas dengan waktu tunggu pelayanan diinstalasi rawat jalan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara waktu tunggu pelayanan di instalasi rawat jalan dengan kepuasan pasien rawat jalan Rsud. Dr. Rasidin padang tahun 2017. Diharapkan agar petugas dan penyedia jasa dapat bersikap lebih profesional dan cekatan dalam menangani lambatnya waktu pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien. Kata Kunci : Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, Instalasi Rawat Jalan Daftar Pustaka : 50 (2000-2017)

Item Type: Other
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, S.Kp.M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 May 2018 18:04
Last Modified: 09 May 2018 18:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33710

Actions (login required)

View Item View Item