Hubungan Severe Early Childhood Caries (S-ECC) Dengan Status Gizi Anak Usia 36-71 Bulan Di Paud Wilayah Kerja Puskesmas Mandiangin Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi

SHERLI, ELSYA NOVIANI (2018) Hubungan Severe Early Childhood Caries (S-ECC) Dengan Status Gizi Anak Usia 36-71 Bulan Di Paud Wilayah Kerja Puskesmas Mandiangin Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
COVER ABSTRAK PDF.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 pdf.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 KESIMPULAN dan SARAN)
BAB 7 (akhir) pdf.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTRA PUSTAKA pdf.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full bismillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Karies pada anak-anak adalah permasalahan kesehatan gigi dan mulut yang paling banyak dikeluhkan. Karies pada anak yang tidak dirawat akan menyebabkan rasa nyeri dan berkurangnya asupan makan. Tujuan : untuk mengetahui hubungan severe early childhood caries (s-ecc) dengan status gizi anak usia 36-71 bulan di paud wilayah kerja Puskesmas Mandiangin Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Metode : analitik obsevasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 56 orang anak usia 36-71 bulan di paud wilayah kerja Puskesmas Mandiangin dan dipilih dengan metode consecutive sampling. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil : menunjukan 21,1% responden mengalami severe early childhood caries (s-ecc) pufa negatif dengan status gizi buruk dan 62,2% severe early childhood caries (s-ecc) pufa positif dengan status gizi buruk. Hasil uji statistik menunjukan terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan severe early childhood caries (s-ecc) dengan status gizi anak usia 36-71 bulan di paud wilayah kerja Puskesmas Mandiangin, dengan nilai p=0,008 Kesimpulan : Terdapat adanya hubungan severe early childhood caries (s-ecc) dengan status gizi. Kata kunci : Severe early childhood caries (s-ecc), status gizi, indeks pufa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 09 May 2018 15:56
Last Modified: 09 May 2018 15:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33606

Actions (login required)

View Item View Item