PENGARUH PENGGUNAAN LARUTAN KUMUR EKSTRAK BUAH NANAS (Ananas comosus L. Merr) TERHADAP PENURUNAN JUMLAH NEUTROFIL DALAM CAIRAN SULKUS GINGIVA PADA PENDERITA GINGIVITIS RINGAN

Raissa, Febrina (2018) PENGARUH PENGGUNAAN LARUTAN KUMUR EKSTRAK BUAH NANAS (Ananas comosus L. Merr) TERHADAP PENURUNAN JUMLAH NEUTROFIL DALAM CAIRAN SULKUS GINGIVA PADA PENDERITA GINGIVITIS RINGAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Latar belakang: Gingivitis merupakan suatu kondisi inflamasi pada gingiva yang disebabkan oleh akumulasi plak dental. Bakteri pada plak mengeluarkan toksin yang dapat memicu pergerakan neutrofil menuju sulkus gingiva sebagai pertahanan utama terhadap infeksi bakteri. Salah satu upaya efektif untuk perawatan dan pencegahan gingivitis adalah kontrol plak yang dapat dilakukan secara mekanik dan kimiawi. Kontrol secara kimiawi yaitu dengan penggunaan larutan kumur. Ekstrak buah nanas (Ananas comosus L. Merr) mengandung bromelain yang berfungsi sebagai antibakteri dan antiinflamasi. Tujuan: Mengetahui pengaruh penggunaan larutan kumur ekstrak buah nanas (Ananas comosus L. Merr) terhadap penurunan jumlah neutrofil dalam cairan sulkus gingiva pada penderita gingivitis ringan. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental dengan rancangan pretest and posttest. Penelitian dilakukan pada 21 subjek yang mengalami gingivitis ringan. Masing-masing subjek diambil cairan sulkus gingiva menggunakan paperpoint nomor 30 selama 30 detik, kemudian dilakukan perhitungan jumlah neutrofil menggunakan mikroskop. Hasil: Analisis uji T berpasangan menunjukkan bahwa terdapat penurunan jumlah neutrofil yang bermakna antara sebelum dan setelah diberi perlakuan (p<0,05). Kesimpulan: Berkumur menggunakan larutan kumur ekstrak buah nanas 50% selama empat hari dapat menurunkan jumlah neutrofil dalam cairan sulkus gingiva pada penderita gingivitis ringan. Kata kunci: Gingivitis, Ananas comosus L. Merr, Bromelain, Cairan Sulkus Gingiva, Neutrofil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Almurdi, DMM, M.Kes
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 09 May 2018 15:00
Last Modified: 09 May 2018 15:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33591

Actions (login required)

View Item View Item