KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN SISWA DOWN SYNDROME DI SLB HIKMAH REFORMASI PADANG

Dies, Dafit (2018) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN SISWA DOWN SYNDROME DI SLB HIKMAH REFORMASI PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN SISWA DOWN SYNDROME DI SLB HIKMAH REFORMASI PADANG Oleh : Dies Dafit 1110863008 Pembimbing: Dr. Ernita Arif, M.Si Rinaldi, M.I.Kom Komunikasi dengan siswa down syndrome merupakan sebuah proses yang sulit untuk dilakukan mengingat keterbatasan yang ada pada diri siswa down syndrome. Komunikasi merupakan sebuah proses yang sangat penting dalam transfer pengetahuan, nilai, dan pelatihan keterampilan, maka peneliti tertarik untuk mengetahui komunikasi interpersonal seperti apa yang terjadi antara guru dengan siswa down syndrome. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini didapatkan dengan teknik random sampling dan hasil wawancara dengan informan tersebut menjadi sumber data primer dalam penelitian ini. Semua fakta dan temuan yang didapatkan dianalisa dengan menggunakan teori penyusunan tindakan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ini diketahui bahwa komunikasi yang terjadi antara guru dengan siswa down syndrome di SLB Hikmah Reformasi Padang sangat jauh berbeda dengan komunikasi guru dengan siswa normal lainnya. Para guru harus memahami beberapa prosedur dan aspek penting yang perlu diperhatikan dalam proses penyusunan pesan dan penyampaian pesan sehingga komunikasi dapat berlangsung dengan lancar dan tujuan utama dari pendidikan luar biasa dapat tercapai. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Siswa down syndrome, Teori Penyusunan Tindakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 09 May 2018 11:53
Last Modified: 09 May 2018 11:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33553

Actions (login required)

View Item View Item