PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JUAL BELI SILINDER HEAD/DEXEL MOBIL DI BPSK KOTA PADANG (STUDI KASUS NO: 053/P3K/VIII/ 2015)

Eva, Yani (2018) PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JUAL BELI SILINDER HEAD/DEXEL MOBIL DI BPSK KOTA PADANG (STUDI KASUS NO: 053/P3K/VIII/ 2015). Diploma thesis, Unievrsitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
cover+abstrak (2).pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI FULL eva.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun mahkluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Mengenai perlindungan konsumen, pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan berupa Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen memberikan peluang bagi konsumen yang merasa dirugikan untuk mengggat pelaku usaha melalui jalur pengadilan (litigasi) atau diluar pengadilan (non litigasi). Permasalahan yang sering kali timbul dari adanya hubungan antara pelaku usaha dengan konsumen yang berkaitan dengan perjanjian atau transaksi yang dilakukan. Dalam sengketa konsumen ini dasar gugatan yang diajukan konsumen yaitu dengan alasan konsumen merasa dirugikan tidak adanya tanggungjawab lebih lanjut atau solusi dari masalah tersebut. Pasal 49 ayat 1 menyebutkan bahwa BPSK dibentuk untuk menyelesaikan sengketa konsumen diluar pengadilan. Dalam penelitian ini, penulis memilih BPSK Kota Padang sebagai tempat penelitian. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penyelesaian sengketa konsumen dalam hal perjanjian jual beli Silinder Head/Dexel Mobil antara Sumitro Siregar dengan Toko Maily Motor, 2). Bagaimana pertimbangan hukum dari Majelis terhadap putusan yang ditetapkan oleh BPSK Kota Padang dalam sengketa konsumen No: 053/P3K/VIII/2015, 3). Bagaimana pelaksanaan putusan para pihak dalam sengketa konsumen No: 053/P3K/VIII/2015. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah yuridis empiris dengan analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan konsumen merasa dirugikan atas tidak adanya tanggungjawab lanjut pelaku usaha terhadap pembelian barang Silinder Head/Dexel Mobil. Penyelesaian sengketa konsumen dalam Perkara Nomor 053/P3K/VIII/2015 di BPSK Kota Padang diselesaikan dengan arbitrase, dimana kedua belah pihak melaksanakan putusan tersebut dan konsumen merasa sangat puas atas putusan yang ditetapkan BPSK Kota Padang. (Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, BPSK, Putusan No: 25/PTS/BPSK/PDG/ARBT/IX/2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Linda Elmis, S.H., M.H.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 03 May 2018 15:48
Last Modified: 03 May 2018 15:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33321

Actions (login required)

View Item View Item