PENGUSAHAAN SUMBERDAYA AIR UNTUK PENYEDIAAN AIR BERSIH OLEH PT ADHYA TIRTA BATAM SEBAGAI PERUSAHAAN SWASTA DI PULAU BATAM

Deddy, Ashari (2018) PENGUSAHAAN SUMBERDAYA AIR UNTUK PENYEDIAAN AIR BERSIH OLEH PT ADHYA TIRTA BATAM SEBAGAI PERUSAHAAN SWASTA DI PULAU BATAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK 1.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)

Abstract

Pulau Batam merupakan salah satu yang memiliki kekhususan di bidang pengelolaan air oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Dan Pelabuhan Bebas Batam. Dimana pengelolaan air di Pulau Batam dikelola oleh pihak swasta yaitu PT Adhya Tirta Batam. Permasalahan penelitian ini tentang (1) Hubungan hukum antara Badan Pengusahaan Batam dengan PT Adhya Tirta Batam sebagai Perusahaan Swasta di Pulau Batam (2) Proses penyediaan air bersih untuk masyarakat umum oleh PT Adhya Tirta Batam di Pulau Batam (3) Proses penyelesaian keluhan dan/atau keberatan masyarakat terhadap penyedian air bersih oleh PT Adhya Tirta Batam tidak sesuai dengan tujuan pengelolaan Sumberdaya Air di Pulau Batam. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian yuridis empiris dengan demikian data-data hukum yang diperoleh melalui dua cara yaitu data primer diperoleh langsung di lapangan (field research) dan data sekunder melalui penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan air di Pulau Batam pada awalnya dilaksanakan oleh Badan Pengusahaan Batam, pada saat itu Badan Pengusahaan Batam tidak mampu memproduksi air bersih dengan kualitas dan kuantitas yang kurang baik. Kemudian Badan Pengushaan Batam melakukan kerjasama dengan PT Adhya Tirta Batam sebagai pengelola dan operator pelaksana penyediaan air bersih di Pulau Batam. Pengelolaan Air di Pulau Batam diberikan kepada PT Adhya Tirta Batam dengan Perjanjian Konsesi dengan jangka waktu 25 Tahun. (2) Proses Penyediaan air bersih oleh PT Adhya Tirta Batam melalui pipa jaringan. Pengeloaan dilakukan dari pengambilan air baku kemudian air tersebut di olah menjadi air bersih melalui Water Ttreatment Plant (WTP). Kemudian air tersebut di ditribusikan kepada masyarakat diseluruh Pulau Batam. Di dalam skripsi ini dijalaskan syarat-syarat masyarakat untuk memperoleh air bersih dengan melakukan permohonan sambungan baru kepada PT Adhya Tirta Batam. (3) PT Adhya Tirta Batam dalam menjalankan perusahaannya menghadapi keluhan pelanggan terhadap pelayanan terhadap keluhan bersifat individu melalui Departement Customer Care. Kata Kunci : Pengusahaan, Penyediaan, Air Bersih dan Swasta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Kunia Warman, S.H., M. Hum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 03 May 2018 17:16
Last Modified: 03 May 2018 17:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33132

Actions (login required)

View Item View Item